Jaran Kepang, Jaranan atau Kuda Lumping adalah keseneian rakyat atau tarian penunggang kuda atau jaran dengan kuda mainan yang dibuat dari bilahan anyaman bambu yang dirangkai sedemiakian rupa lantas dijepit diantara dua kaki penarinya. 

Mainan Anak Kuda Lumping - Kuda-kudaan tersebut ditambahkan asesori serta pewarnaan sehingga bentuknya menyerupai kuda sungguhan. Iringan musiknya sederhana didominasi kenong dan terompet. 

Mainan Anak Kuda Lumping
Mainan Anak Kuda Lumping

Mainan Anak Kuda Lumping - Pada mulanya jaran kepang bukanlah sebuah seni pertunjukan, bukan pula dinamakan kesenian karena memang zaman dulu belum dikenal istilah kesenian. Jaran kepang adalah bagisn dari ritual menolak bala, mengatasi berbagai musibah, meminta kesuburan pada pertanian, mengharap keberhasilan panen dan yang lainya. 

Mainan Anak Kuda Lumping
Mainan Anak Kuda Lumping

Mainan Anak Kuda Lumping - Seiring dengan perjalanan waktu, setiap musibah, bencana atau berbagai masalahdalam kehidupan dihubungkan dengan roh nenek moyang itu disusun menjadi serangkaian cerita yang berkembang menjadi mitos yang diyakini masyarakat. Kemuadian dilakukan upacara dengan tujuan agar musibah tidak datang lagi. Kejadian yang berlangsung berulangkali kemudian berkembang menjadi berbagai simbol yang digunakan untuk kegiatan ritual.

Mainan Anak Kuda Lumping
Mainan Anak Kuda Lumping

Mainan Anak Kuda Lumping - Trace atau kesurupan adalah hal yang sering terjadi selama pertunjukan berlangsung. Biasanya ini diawali dengan suara lecutan atau pecut yang meledak-ledak di udara. Pada saat ini biasanya pemain tidak lagi menari dalam formasi kelompok. Semuanya akan menari sesuai hati mereka. 

Mainan Anak Kuda Lumping
Mainan Anak Kuda Lumping

Mainan Anak Kuda Lumping - Tapi apapunitu sekarang tari kuda lumping sudah menjadi bagian dari kesenian daerah, dan kita waji untuk tetap melestarikan itu. Oleh karena itu, disini kita menjuaul jaran kepang untuk anak-anak agar mereka juga ikut dalam pelestarian kebudayaan yang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. 

Mainan Anak Kuda Lumping
Mainan Anak Kuda Lumping

Mainan Anak Kuda Lumping - Untuk order juga sangat mudah sekali, kalian tinggal wa saja ke nomor kita 08564641501. Untuk satu buahnya, kita menjual dengan harga Rp 15.000 saja. Sangat murah sekali untuk melestarikan kesenian daerah. 

Mainan Anak Kuda Lumping
Mainan Anak Kuda Lumping

Mainan Anak Kuda Lumping - Kuda lumping yang kita juga memiliki berbagai warna sehingga sangat asik dimainkan oleh anak-anak. Untuk yang masih penasaran kalian bisa langsung saja lihat videonya dibawah ini


Keren kan ges. Ayo segera saja kalian order di wa kita 085646415014 atau untuk teman-teman yang suka dengan belanja online, kalian bisa langsung saja order di online shop kita dengan alamat




Oke sekian dulu ya geng untuk hari ini. Kalian kalian yang membutuhkan kuda lumping segera saja order sebelum kalian kehabisa stok dari kita dan sampai jumpa di artikel kita yang lainya.