Kandang Ternak Jangkrik

Advertisement
advertisement
Dalam budidaya jangkrik, kandang jangkrik atau box jangkrik merupakan sarana yang sangat penting untuk memaksimalkan hasil panenan jangkrik kita. Ukuran dan kapasitas box jangkrik  menentukan berapa banyak telur yang akan kita tetaskan didalamnya serta berapa kapasitas jangkrik maksimal yang dapat ditampung oleh kandang jangkrik tersebut. Dengan ukuran dan kapasitas yang tepat, maka hasil maksimal akan diperoleh oleh para peternak jangkrik, telur yang ditetaskan akan maksimal dan tidak menyianyiakan ukuran box jangkriknya.
 
Kandang Ternak Jangkrik
Kandang Ternak Jangkrik
Peternak jangkrik biasa menggunakan kandang jangkrik yang terbuat dari rakitan kayu reng ukuran 2cm x 3 cm dan triplek ukuran 3mm, selain itu triplek bisa juga diganti dengan lembaran plastic UV 50-100mikron yang digunakan sebagai dinding kandang jangkriknya. Kita harus mensiasati bagaimana membuat kandang jangkrik yang murah, awet dan dapat digunakan untuk beternak jangkrik secara maksimal.

Jual Telur Jangkrik
Berkualitas Super
Dijamin 98% Menetas dan Aman

Untuk ukuran kandang jangkrik yang biasa digunakan peternak jangkrik pemula adalah sebagai berikut : 

1. Kandang Jangkrik Ukuran Jumbo
Kandang jangkrik ukuran jumbo ini adalah kandang jangkrik yang berukuran besar dengan dimensi panjang 244 cm, lebar 122 cm dan tinggi 60 cm. tinggi kaki kandang jangkrik dari tanah biasanya 25 cm atau 40 cm sesuai dengan kebutuhan. Untuk variasi tinggi dinding kandang ini ada yang menggunakan tinggi dinding 60 cm(menghabiskan triplek 2,5 lembar), ada pula yang menggunakan tinggi dinding 40 cm (menghabiskan triplek 2 lembar).
Berat telur yang biasa ditetaskan dalam kandang ukuran ini adalah 500 gram atau setengah kilogram. Kandang ini mempunyai keunggulan yaitu volume yang besar, mampu memaksimalkan hasil panen. Kelemahannya adalah kandang jumbo memakan banyak tempat, susah dipindahkan dan banyak menghabiskan kayu reng untuk pengerjaannya.
Kandang jumbo ini dapat menampung jangkrik sebanyak 50-70kg ketika panen.
Estimasi biaya untuk membuat kandang jumbo ini adalah Rp. 250.000 – Rp. 300.000 / kandang jangkrik.
 
Kandang Ternak Jangkrik
2. Kandang Jangkrik Ukuran Menengah
Kandang jangkrik ukuran menengah ini yaitu kandang jangkrik yang berukuran sedang dengan dimensi panjang 244 cm lebar 60cm serta tinggi 60 cm. tinggi kaki kandang ini sama dengan tinggi kaki kandang jumbo.
Berat telur yang biasa di tetaskan di kandang jangkrik ukuran menengah adalah 300gram atau 3 ons. Kandang ini mempunyai keunggulan yaitu ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu memakan tempat. Kekurangannya adalah lebarnya tanggung sehingga agak susah ketika menata eggtray dengan model penataan berdiri atau tidur.
3. Kandang Jangkrik Ukuran Kecil
Kandang jangkrik ukuran kecil ini adalah kandang jangkrik yang berukuran besar dengan dimensi panjang 122 cm, lebar 61 cm dan tinggi 61 cm. tinggi kaki kandang jangkrik dari tanah biasanya 25 cm atau 40 cm sesuai dengan kebutuhan.
Berat telur yang biasa ditetaskan dalam kandang ukuran ini adalah 150 gram atau 1,5 ons. Kandang ini mempunyai keunggulan yaitu kandang ringkas, tidak memakan banyak tempat, mudah untuk ditumpuk serta suhu dapat terjaga. Kelemahannya adalah kandang ini tidak mampu menampung jangkrik dalam kapasitas besar. Kandang ini cocok untuk peternak yang ingin memanen jangkrik setiap hari dengan kapasitas kecil untuk diantarkan ke kios burung langsung.  
Kandang jumbo ini dapat menampung jangkrik sebanyak 8-10kg ketika panen.
Estimasi biaya untuk membuat kandang jumbo ini adalah Rp. 75.000 – Rp. 100.000 / kandang jangkrik.
 
Kandang Ternak Jangkrik
4. Kandang Jangkrik untuk Aduan
Sebenarnya kandang jangkrik untuk aduan ini bukan untuk budidaya, tapi kandang ini saya cantumkan sebagai referensi pada rekan rekan peternak jangkrik agar memiliki wawasan tentang berbagai jenis kandang jangkrik.
Kandang jangkrik untuk aduan ini biasa digunakan untuk membawa jangkrik jago sebagai bahan aduan jangkrik. 

Kandang kecil ini biasa terbuat dari bambu yang dirakit sedemikian rupa sehingga mampu membawa 1-4 jangkrik jantan. Selain itu dapat pula digunakan ruas bamboo yang dilobangi memanjang untuk membawa jangkriknya.

Demikianlah jenis kandang jangkrik yang perlu kalian ketahui sebagai peternak jangkrik. Semoga bermanfaat dan sukses selalu...

Jual Telur Jangkrik
Berkualitas Super
Dijamin 98% Menetas dan Aman
Hub. 085648030909
 Link Video:

Kandang Ternak Jangkrik

Kandang Ternak Jangkrik

Kandang Ternak Jangkrik

Kandang Ternak Jangkrik

Pembelian melalui situs Bukalapak pada link:
Pembelian melalui situs Tokopedia pada link:
Pembelian melalui situs Shopee pada link:
Advertisement
senapan angin
Kandang Ternak Jangkrik | jual planter bag | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik