KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Kokpit Mazda8. Panel meter tampil dengan desain 3D Blackout



KOMPAS.com – Kita bisa saja menilai penampilan Mazda8 ini biasa saja! Sekilas sama dengan Kijang Innova, Previa atau Mitubishi Grandis. Pertanyataan yang bisa muncul, mengapa Mazda menempatkanny disegmen premium dengan harga setengah miliar rupiah?

Eksterior
Untuk menjawabnya, kita harus melihat detil eksterior maupun interior MPV ini. Di eksterior, Mazda berusaha membuat penampilan MPV ini lebih gaya atau stylish. Ini terlihat dari desain gril bemper bawah yang berkesan dinamis dengan aksen krom, lampu kabut dengan rumah desain mirip ketupat.

Teknologi lain yang dipasang adalah lampu depan xenon (untuk jarak dekat) dengan autolevelling yang bisa dinon-aktifkan, pintu samping belakang tipe geser yang dilengkapi dengan “power door” dan remote, lampu kombinasi belakang tipe LED, dan knalpot dengan dua lubang, spoiler belakang dengan lampu srem (sudah biasa ya!) dan sun-roof.


KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Jok baris kedua dengan model "Captain seat" dilengkapi dengan sandaran kaki (kiri), lampu depan xenon dan lampu kabut (kanan).

Interior
Di interior, kesan mewah sangat kentara dengan jok dan door trim berbalut kulit halus. Sesuai dengan target konsumennya, jok baris kedua mampu memanjakan dan menyenangkan penumpang. Jok ini juga dilengkapi dengan penghangat tubuh!

Sedangkan kok baris ketiga - lebih kecil - ditujukan untuk anak-anak. Kendati demikian juga bisa untuk orang dewasa dengan ruang kepala dan kaki terbatas.

Pintu-pintu, geser samping bisa dibuka melalui remote atau tombol yang berada di mobil. Semua itu sangat menyenangkan. Juga bisa dioperasikan melalui remote tipis, mirip dengan kartu. Untuk menghidukan mesin, memutar kenop di samping kanan setir.

Pintu geser dilengkapi dengan “Jam safe mechanisme”, untuk mencegah anggota tubuh terjepit saat pintu ditutup. Pintu samping belakang ini bisa membuka 785 mm yang memudahkan penumpang keluar-masuk kabin.

Jok kedua dan ketiga bisa diatur dengan berbagai posisi, dari duduk rileks sampai tidur. Di samping itu juga disediakan banyak tempat untuk menaruh berbagai peralatan, mulai dari sarung tangan, tempat mimumman dan sebagainya. Di langit-langit bagian depan juga ada kotak untuk kaca mata.

KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Mesin Mazda8 berkapasitas 2.260 cc menghasilkan tenaga 163 PS

Centre Speaker
AC juga juga bisa disetel secara individual, antara pengemudi dan penupang depan, beigut juga di belakang. MPV ini juga sudah ielengkapi dengan center speaker yang menghasilkan efek theater bila digunakan memainkan DVD.

Tambahan lain adalah pemantau suhu luar dan jakm yang berada di atas sistem informasi. Kaca spion bisa dilipat dengan menekan tombol. Tambahan lain, selain kamera belakang untuk parkir, juga kit untuk perbaikan ban.

Jadi, bagi mereka yang malah membuka ban gembos atau bocor, bisa melakukan penampilan semenara dan memambahkan angin dengan perlengkapan ang diserta pada MPV ini.


KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Mazda8, MPV premium dibandrol hampir setengah miliar rupiah

Untuk warna, pilihan yang disedikan adalah Metropolitan Gray Mica (abu-abu), Crystal White Pearl Mica (Putih) dan Sparkling Back Mica (Hitam).

Spesifikasi Mazda8

Dimensi dan berat
Panjang
4.860 mm
Lebar
1.850 mm
Tinggi
1.685 mm
Jarak sumbu roda
2.950 mm
Celah terendah
155 kg
Berat
1.780 kg
Radius putar
5,7 meter
Mesin
Tipe

4-sli, 16 katup, DOHC
dengan S-VT, VIS dan ETC

Kapasitas
2.260 cc
Perbadingan kompresi
9,7:1
Tenaga maks
120 kW (163 PS) @6.500 rpm
Torsi maks.
203 Nm (20,7 kg-m) @3.500 rpm
Sistem bahan bakar
Injeksi elektronik
Kapasitas tangki bbm
68,5 liter
Transmisi
Activematice 5-percepatan
Ukuran roda dan pelek
215/65SR16
Rem depan dan belakang
Cakram dengan ABS dan EBD plus BA
Pengaman pasif

6 kantung udara,
sabuk pengaman pretensioner






sumber :http://otomotif.kompas.com/read/2011/12/17/15314895/Yuk.Menggenal.Lebih.Dalam.Mazda8