USB KEY MOTOR.. Motor lebih aman dan tahan maling... (Protect Your Own)

Advertisement
advertisement

Gini gan, kemaren temen ane ngikutin lomba tentang teknologi gitu, terus ane suka banget sama karyanya.

Cekidot gan :

Pencurian Motor (Curanmor) di Indonesia sangat tinggi angkanya. Pernahkah Anda merasa was-was dengan motor yang Anda parkir atau malah pernah menjadi korban dari curanmor? Tapi kita jangan mau dilangkahi sama para pelaku curanmor, kita harus selangkah di depan ketimbang mereka. Kalau biasanya kita menggembok motor kita, kenapa tidak dimodif saja kunci motor yang sudah ada? Kita buat menjadi serba digital.
Baru-baru ini, teman saya seorang mahasiswa tingkat II di Institut Teknologi Telkom membuat sebuah karya yang menurut saya sangat membantu para pengguna motor yang was-was akan curanmor. ROMAN TECHNOLOGY ,membuat USB Key untuk motor. Konsepnya sebenarnya sangat mudah, yaitu mengganti kunci motor biasa menjadi USB Key atau yang biasa dikenal Flash Disk. Tersedia panel yang bisa digunakan untuk akses terhadap kunci dari motor, baik itu kunci starter sampai kunci jok motor.
USB Key ini pernah menjadi finalis dalam sebuah kompetisi IT di Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya tahun lalu (Gemastik III).


Berikut adalah prinsip kerja dari USB Key

Ketika flash drive dimasukkan dalam port ekstensi female USB, maka sistem akan mengenali apakah flash drive tersebut merupakan kunci yang benar dengan mengetahui dari vendor ID dan password user sendiri yang sebelumnya flash drive yang digunakan tersebut harus sudah didaftarkan ke dalam sistem dengan mendaftarkan vendor ID flash drive dan mengisikan password terenskripsi yang benar sesuai ketentuan sistem. Setelah, flash drive dalam sistem dinyatakan lolos seleksi keamanan berlapis dalam sistem maka user akan dapat memakai motor berikut dengan semua feature tambahan sebagai pelengkapnya seperti kunci stang, kunci jok belakang, dll dan motor dapat berjalan secara normal dengan sebuah sistem yang baru yaitu sistem USB yang mencoba memberikan alternatif keamanan yang menjanjikan dengan seluruh modifikasi kelistrikan dan mekanik yang disediakan yang akan lebih memanjakan pemilik motor, tapi tetap dengan standar keamanan yang cukup kuat dan terjamin.


Untuk memudahkan membayangkan, berikut adalah video penggunaan USB Key:



Yang buatnya nih gan:


Spoiler for cara penggunaannya mudah banget gan. berikut caranya:

1. kita tinggal mencolokkan flashdisk (flashdisk yang digunakan bisa apa aja yang penting udah terdaftar dalam sistem, untuk saat ini jumlah flashdisk yang bisa didaftarkan cuma 2)

2. flashdisk ini akan di cek id-nya, jika sudah terdaftar maka akses ke sistem diperbolehkan, terus langsung deh motornya bisa dipake.. klo aksesnya udah diperbolehkan, flashdisknya bisa dicabut lagi


3. Fungsi lain seperti lampu, stater, sen, klakson masih sama, cuma untuk fungsi kunci stang dan kunci jok belakang tinggal pencet tombol aja.


4. untuk mematikan mesin kita tinggal pencet tombol juga, klo posisinya miring, maka ketika mesin mati, bakalan ngunci stang sendiri..



Spoiler for Beberapa pertanyaan yang pernah diajuin beserta jawabannya ::

pertanyaan :

Gimana kalau flashdisknya ilang?

jawaban :

kita bisa menggunakan 2 cara. cara yang pertama yaitu dengan mendaftarkan flashdisk yang baru dengan cara memasukkan flashdisk yang maru terus masukkan juga kode/password untuk akses ke sistem (passwordnya cuma yang punya motor yang tau). Cara yang kedua yaitu kita bisa menggunakan manual code (yang tau juga cuma yang punya motor), jadi kita tinggal masukkin kodenya tanpa masukkin flashdisk, tapi penggunaan ini terbatas.

pertanyaan :

Gimana kalau flashdisknya kena virus?

jawaban :

enggak ngaruh sama sistem kita kok, yang didaftarkan itu ID flashdisknya. jadi mau flashdisknya kena virus, datanya penuh, atau gak ada datanya sama sekali itu bisa digunakan. y asalkan flashdisknya masih bisa dipake aja, jangan yang udah kegeleng motor..hehehehe

pertanyaan :

Gimana kalau alatnya kehujanan?

jawaban :

sampai saat inimasih dalam tahap pengembangan terutama masalah design agar alat yang dibuat bisa diintegrasikan ke dalam sistem yang ada di motor.

pertanyaan :

apa yang lebih dari sisi keamanannya?

jawaban :

setiap flashdisk punya id yang unik. selain itu untuk akses ke sistem yang dibuat punya 2 security level, level yang pertama adalah hanya mengecek id flashdisknya, dan yang kedua selain mengecek id flashdisknya juga memasukkan password.

pertanyaan :

apakah masih bisa menggunakan kunci T?

jawaban :

kunci T udah gak berlaku dalam sistem ini, karena link dari kunci manual udah diputus.

pertanyaan :

harga pembuatannya berapa gan ?

jawaban :

kalau harga pembuatan pertama kali itu sekitar 700ribu, tapi untuk versi yang kedua bisa di press sampai 500ribu. semoga nanti bisa diperkecil lagi sampai sekitar400ribu

pertanyaan :

Listriknya darimana gan?

jawaban :

listriknya dari aki, akinya pake aki kering gan.

pertanyaan :

kalo yang maling jago ngehack gimana?

jawaban :

sistem ini untuk passwordnya juga pake enkripsi lagi, algonya bikin sendiri gan.

pertanyaan :

Apa pernah menemukan kerusakan/kegagalan sistem?

jawaban :

Motornya sudah sekitar 6 bulan dipakai, waktu itu pernah terjadi kerusakan tapi bukan dari sistemnya, tapi dari LCD sama dari keypadnya. soalnya beli yang pas pasan..hehehe..

pertanyaan :

udah dipasarkan belum gan?

jawaban :

belum gan, masih dalam tahap pengembangan. sekarang masih nunggu hak ciptanya dulu

pertanyaan :

gimana kalo akinya soak gan?

jawaban :

selain aki, nantinya sumber listrik akan ditambahkan batre cadangan. jadi pas akinya habis masih alatnya masih bisa nyala gan.

Spoiler for penampakan:
masih bisa dikembangkan lagi.

Spoiler for penampakan:





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7248085
Advertisement
senapan angin
USB KEY MOTOR.. Motor lebih aman dan tahan maling... (Protect Your Own) | Unknown | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik