Suka Belanja di Singapura - Ini Tips Yang Orang Jarang Lakukan

Advertisement
advertisement





Singapura merupakan tempat yang memanjakan para shopaholic. Mulai dari kenyamanan tempat belanja, keragaman merek produk yang dijual, hingga harga yang sangat bervariasi dari kelas kaki lima hingga kelas butik bintang lima.

Sebelum berbelanja, sebaiknya lengkapi diri dengan informasi mengenai tempat belanja dan waktu kunjungan belanja kita. Waktu terbaik untuk berbelanja di Singapura adalah pada saat Natal dan Tahun Baru, Musim Great Sale Singapore (antara bulan Mei hingga Juli), dan pada saat Tahun Baru Cina (Imlek).

Apa Saja Tips Belanja Di Singapura




Jam Belanja. Sejumlah toko serba ada (department store) dan beberapa toko yang lebih kecil buka setiap hari dari pukul 10.00 pagi sampai sekitar pukul 22.00 malam.

Bahkan ada yang buka selama 24 jam. Pada waktu-waktu tertentu, seperti pada saat musim great sale, beberapa mal dan toko mengadakan program belanja hingga tengah malam.

Satu-satunya toko serba ada yang menyediakan segala macam barang adalah Mustafa Centre. Terletak di area Little India (stasiun MRT Farrer Park). Mustafa Center buka 24 jam, setiap hari sepanjang tahun.



Harga dan Penawaran. Di toko-toko besar, harga-harga barang sudah diberi label harga yang sudah tetap. Demikian pula beberapa toko kecil melakukan hal yang sama.


Untuk toko yang tidak mencantumkan label harga, tanyakanlah harga terbaik dan potongan harga yang bisa diperoleh. Jika harus menawar, tawarlah dengan harga yang realistik sampai dicapai kesepakan.


Pada saat ada program potongan harga, tunjukan paspor Anda ke kasir. Anda pun bisa mendapatkan potongan yang lebih besar.


Sebagai patokan harga awal, lihatlah iklan-iklan di situs-situs khusus yang selalu memperbaharui informasi tentang penjualan potongan harga di seluruh Singapura.



Cara Pembayaran. Hampir semua toko menerima kartu kredit yang dikeluarkan bank internasional. Beberapa kasus sempat terjadi, seperti penolakan kartu kredit yang dikeluarkan bank-bank Indonesia.


Oleh karena itu, ada baiknya membawa kartu kredit yang dikeluarkan bank internasional. Beberapa toko meminta pengenaan biaya tambahan untuk penggunaan kartu kredit yang besarnya sekitar 3%.


Dalam keadaan terpaksa, gunakan kartu ATM bank Indonesia yang berlogo Visa atau Mastercard. Dengan kartu ATM, Anda dapat menarik uang dollar dari mesin ATM di seluruh penjuru Singapura dengan biaya tertentu sesuai dengan kurs yang saat itu berlaku.



Kebijakan Tanda Terima dan Pengembalian. Hampir semua toko memberikan slip pembayaran atau tanda terima saat transaksi pembelian. Cocokkan kembali tanda terima dengan daftar barang yang dibeli dan harga yang tercantum.


Tanda terima juga sebagai bukti penggantian atau penukaran barang. Apabila dilakukan dalam hari yang ditentukan (biasanya tiga hari) dari tanggal pembelian.


Periksalah bahwa kartu jaminan harus memuat perincian yang benar terhadap produk yang dibeli dan telah disahkan dengan cap toko. Jaminan internasional untuk bermacam-macam barang, biasanya berperiode 12 bulan.


Tetapi ada beberapa produk yang tidak disertai dengan jaminan dan biasanya dijual dengan harga lebih murah. Beberapa laporan yang sering diterima penulis adalah toko-toko elektronik yang berada di salah satu pusat pertokoan terkenal di jalan Orchard.


Di sini seringkali toko memberikan harga tersembunyi atau harga yang lebih rendah pada saat promosi namun menaikkan pada saat transaksi. Hati-hatilah untuk selalu menanyakan harga total nett (bersih) yang sudah termasuk pajak dan sebagainya.



GST. Setiap turis yang membeli barang di seluruh wilayah Singapura dan dikenakan GST, dapat melakukan klaim untuk mengembalikan pajak tersebut pada saat kita akan keluar dari Singapura.


GST merupakan Goods and Service Tax (GST) atau Pajak Layanan dan Barang dikenakan di Singapura sejak 1994 dengan nilai awal sebesar 3%. Nilai pajak ini mengalami beberapa kenaikan, hingga mulai Juli 2007 berlaku GST baru sebesar 7%.


Ada dua operator pengembalian GST, yaitu Global Refund dan Premier Tax Free. Toko-toko yang bekerja sama dengan kedua operator ini biasanya memasang tanda “Tax Refund” atau salah satu logo dari operator GST.


Jangan ragu untuk bertanya tentang program pengembalian GST ini, karena biasanya mereka mengenakan biaya tambahan untuk GST refund ini. Syarat-syarat pengembalian GST adalah:


1. Belanjalah di toko yang berafiliasi dengan Global Refund dengan tanda tulisan “Tax Free Shopping” atau “Premier Tax Free”.


2. Nilai belanja minimal yang dapat diklaim adalah 100 dollar Singapura (termasuk GST).


3. Mintalah cek Global Refund atau Premier Tax Free Refund dari toko tersebut.


4. Tunjukkan paspor untuk mendapatkan cek atau voucher, karena kita harus berumur 16 tahun atau lebih.


5. Periksalah tanggal pembelian dan nilai pembelian (termasuk GST), klaim hanya bisa dilakukan dalam masa 2 bulan setelah pembelian.


6. Tandatangani Form Pengembalian termasuk pemilihan jenis pengembalian apakah kas, cek atau melalui kartu kredit. Ingat, Form Pengembalian hanya dapat diperoleh di toko tempat kita belanja.


7. Tunjukkan barang yang dibeli bersama cek Global Refund atau voucher Premier Tax Free, Form Pengembalian, Nota Terima (invoice), Pasport dan Boarding Pass/Tiket kepada petugas Bea Cukai (Custom Verfication) di Hall/Lounge Keberangkatan Bandara Changi. Ingat, GST tidak bisa diklaim untuk keberangkatan melalui darat atau laut.


8. Setelah mendapat persetujuan petugas bea cukai, datangi konter Global Refund atau Premier Tax Free di anjungan keberangkatan untuk mendapat pengembalian berupa uang kas, cek bank, voucher belanja atau dikreditkan melalui kartu kredit kita.


9. Toko yang tidak tergabung dalam program GST refund menjalankan program pengembalian GST mereka sendiri. Jangan ragu untuk menanyakan syarat-syarat pengembalian, karena antar toko berbeda kebijakannya.





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11782326
Advertisement
senapan angin
Suka Belanja di Singapura - Ini Tips Yang Orang Jarang Lakukan | Unknown | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik