Rahasia Kopi Luwak...hmmm??

Advertisement
advertisement

RAHASIA KOPI LUWAK



Asal-usul Kopi Luwak erat terkait dengan sejarah budidaya tanaman kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda membuka perkebunan tanaman komersial di Timur koloni Hindia Belanda, terutama di Jawa dan Sumatra. Salah satunya adalah bibit kopi arabika yang diimpor dari Yaman.

Luwak coffee/Kopi luwak adalah kopi asli dari Indonesia dan salah satu kopi terbaik di dunia. Proses pembuatan kopi luwak sangat unik karena kopi luwak dihasilkan dari buah kopi yang dimakan oleh hewan luwak lalu masukkan dalam proses pencernaan dan fermentasi terjadi dalam perut luwak. Inilah yang membuat rasa kopi ini terasa sangat spesial dibandingkan dengan kopi biasa. Setelah melalui proses pencernaan, biji kopi akan keluar dengan kotoran, namun biji tetap utuh. Biji kopi kami kemudian meskipun untuk melewati beberapa proses yang sedang dibersihkan, dikeringkan dan dipanggang.
Nasib Kopi Luwak Diluar Negri

Kemasyhuran kopi ini di Asia Tenggara telah lama dikenal, tetapi hanya menjadi dikenal secara luas di gourmet penggemar kopi setelah publikasi pada tahun 1980-an. Biji kopi Luwak adalah yang paling mahal di dunia, mencapai US $ 100 per 450 gram.


Oleh Oprah Winfrey dalam salah satu episode talk show-nya, di AS, harga pasar secangkir kopi luwak mencapai US $ 50 (Rp 500 ribu). Dan, dalam sebuah paket dijual seharga sekitar US $ 600 (Rp 6 juta) per 4,5 kg. Itu sebabnya kopi diadakan di kopi dunia yang paling mahal. Kopi alasannya adalah mahal dan khusus, karena proses menjadi kopi yang unik.
Manfaat Kopi



1. MENCEGAH PENYAKIT SARAF

Peminum kopi berkafein cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson.


Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer.

2. MELINDUNGI GIGI

Kopi yang mengandung kaein memiliki kemampuan anti – bakteri dan anti – lengket sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.

3. MENURUNKAN RISIKO KANKER PAYUDARA

Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 (empat) cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Namun konsumsi kurang dari 4 (empat) cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini.


Mencegah batu empedu. Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristal – kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.

4. MELINDUNGI KULIT

Konsumsi 2 – 5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel – sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

5. MENCEGAH DIABETES

Orang yang mengonsumsi 3 – 4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen.
PROSES PEMBUATAN KOPI LUWAK

PROSES PERTAMA

Quote:
Para petani mulai memetik buah kopi yang sudah matang di pohon, yang berwarna merah.

PROSES KEDUA

Setelah buah kopi terkumpul, dipilah lagi yang bagus-bagus saja, soalnya hanya buah kopi matang (warna merah) yang akan disantap musang sebagai makanannya.



PROSES KETIGA

Luwak dipersilakan memakan buah kopi terbaik yang sudah dipilih oleh para petani tadi. Tubuh luwak hanya akan mencerna daging buahnya saja, sementara bijinya nanti akan tetap utuh saat dikeluarkan kembali dalam bentuk feces.






PROSES KEEMPAT

Inilah bentuk feces luwak yang terkenal itu, seperti sudah disebut di atas, bijinya tetap utuh kan? Secara fisik, biji kopi luwak dan kopi lain bisa dibedakan dari warna dan aromanya. Biji kopi luwak berwarna kekuningan dan wangi, sedangkan biji kopi biasa berwarna hijau dan kurang harum.






PROSES KELIMA

Selanjutnya biji kopi yang tercampur dalam feces, dipisahkan, dikumpulkan, dibersihkan, kemudian dijemur, dan jadilah biji kopi luwak yang terkenal mahal itu. Bisa dipastikan, ini adalah biji kopi terbaik, sebab hanya buah kopi matang yang dipilih musang sebagai makanannya.








sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9227062
Advertisement
senapan angin
Rahasia Kopi Luwak...hmmm?? | Unknown | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik