Pasien RS Bisa Lebih Bahagia Bila Dijenguk Saat Liburan

Advertisement
advertisement
Pengunjung rumah sakit selalu diperingatkan untuk membatasi kunjungan ke rumah sakit dengan alasan mencegah penularan infeksi. Namun bagi pasien sendiri, kunjungan keluarga atau rekan sangat membahagiakan jika dilakukan di hari libur.

http://2007.mater.org.au/generated/images/dsc-0116-jpg_w800_h600_fit.jpg

"Liburan adalah soal interaksi sosial dengan lingkungan, berbagi emosi dan komunikasi antar manusia. Kunjungan kerabat atau rekan adalah menghadirkan suasana libur ke rumah sakit," kata Joshua Klapow, psikolog dari University of Alabama seperti dikutip dari Medicinenet, Kamis (29/12/2011).

Menurut Klapow, kunjungan ke rumah sakit memang hanya memberikan efek psikologis jangka pendek bagi pasien. Namun pada intinya, pasien selalu lebih bahagia dengan suasana rumah dan hal itu bisa dihadirkan ketika ada orang datang mengunjunginya di rumah sakit.

http://www.riveroakshosp.com/Resources/13/FileRepository/Wh-Patient%201.jpg

Perasaan bahagia saat menerima kunjungan keluarga maupun rekan-rekan bisa membuat pasien lebih memiliki semangat hidup. Pikiran positif yang terbangun dari perasaan bahagia sedikit banyak akan membantu pasien untuk lebih cepat sembuh dari penyakitnya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadirkan suasana liburan di rumah sakit menurut Klapow antara lain ebagai berikut.


1. Jika pasien dirawat di ruang tersendiri, ruangan bisa diberi dekor meriah sehingga lebih bernuansa liburan.

2. Bawakan makanan khas liburan atau yang ia sukai, tentunya dengan memperhatikan diet yang telah ditentukan oleh dokter.

3. Panggilkan tukang pijat untuknya jika memang dokter mengizinkan.

4. Bawakan speaker, putarkan lagu-lagu gembira bernuansa liburan ke ruang perawatan.

5. Ajaklah pasien melakukan aktivitas yang biasa dilakukan di rumah, misalnya merajut atau memainkan permainan kesukaannya.



Meski bisa membuat pasien lebih bahagia, kunjungan ke rumah sakit tetap harus memperhatikan risiko penularan infeksi. Bagaimanapun rumah sakit adalah tempat berkumpulnya kuman-kuman, sehingga pasien maupun pengunjung bisa saling menularkan infeksi.

Saat berkunjung ke rumah sakit, sebaiknya anak kecil dan orang dewasa yang kondisinya sedang kurang sehat tidak usah diajak. Begitu juga sebelum dan sesudah masuk ruang perawatan, biasakan untuk mencuci tangan dengan alkohol yang tersedia di semua ruang perawatan.

http://www.senior.com/wp-content/uploads/2010/08/9946_B29_rgb1.jpg

http://www.harperhutzel.org/upload/images/Patient%20Resources/Doc%20-%20patient%20w%20family%20at%20bedside%2087607537.jpg





sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/12/29/082733/1801955/763/pasien-rs-bisa-lebih-bahagia-bila-dijenguk-saat-liburan?l1101755
Advertisement
senapan angin
Pasien RS Bisa Lebih Bahagia Bila Dijenguk Saat Liburan | Unknown | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik