::..gara-gara tes ini gue gagal masuk kerja..::

Advertisement
advertisement

Ok, langsung aja gan!!.. Udah 5 kali gw gagal masuk kerja cuma gara2 tes ini.. TES WARNA.. ya tes itulah yg membuat gw berkali2 gagal untuk meriah mimpi gue!!!... Dulu, ketika mendengar tentang buta warna, yang terlintas di pikiran gw adalah dunia abu-abu layaknya televisi hitam putih. gw rasa tidak sedikit orang yang berpikir demikian.

Saat lulus SMK barulah gw sadari bahwa gw juga buta warna. gw tentu terkejut, orang tua gw apalagi. gw memang kadang sulit membedakan warna-warna senada. Tapi itu gw pikir karena kamus perbendaharaan warna gw yang kurang. Lagipula gw melihat dunia ini penuh warna. Jadi tidak pernah terlintas bahwa gw sebenarnya buta warna. Agak sulit juga meyakinkan orang tua gw, bahwa gw masih bisa membedakan warna, tidak buta warna total atau monochromacy..

Maklum dulu gw sekolah di SMK swasta, jd untuk masuk sekolah gak perlu tes yg macem2.. tp pas gw lulus n berniat untk kerja, baru gw sadari kalau gw itu buta warna.. pada saat tes gw babat abis tuh soal2 matematika, psikotes n tektek bengeknya (gw nih termasuk orang yg lumayan cerdas, cz dr SD ampe SMP gw slalu dapat Ranking 1, di SMK pun sama nilai gw di atas rata2, mungkin klo di SMK ada ranking, gw yakin dapet rank 1), singkat kata, setelah lolos tes, gw di panggil lagi tuk tes terakhir yaitu check medical, dalam kesehatan gw lolos, tapi.... pas tes buta warna gw gak bisa apa2 ..tp gw gak putus asa, gw beranggapan waktu itu gw hanya kurang tidur , so gw gak bisa bedain warna dengan jelas, gw terus beusaha masuk Perusahaan satu ke perusahaan lainya, namun hanya kegagalan yg gw terima, kejadian itu terus terulang ampe 4 kali dalam usaha gw untuk ngelamar kerja, dengan kegagalan tes yg sama, sampai akhirnya gw konsultasi ama dokter untuk mencari solusinya, namun jawaban yg gw terima sungguh menyakitkan, gw di vonis buta warna Deuteromali, gw tidak peka dengan warna hijau, n si dokter bilang, gk bisa di obati, krn itu pengaruh gen.. Hancur dong hati gw, gw merasa hidup ini tak ada artinya!!! percuma bertahun2 gw menuntut ilmu!!!

Waktu gw dalam keadaan putus asa!! banyak teman2 yg memberi motivasi n solusi agar untuk mengatasi masalah gw, Disinillah gw mengerti arti teman sesungguhnya, mereka selalu ada waktu gw dalam kesulitan, hingga akhirnya ada seorang teman mengusul kan gw untuk menghafal isi buku tes buta warna atau ishihara, Wow, Ide berlian menurut gw, temen gw pun meminjam kan buku itu pd gw!! halaman per halaman n gambar per gambar yg berjumlah 38 itu, gw hafalin satu per satu!! tidak lebih dr 1 minggu gw bisa hafal semuanya,, Kini dengan rasa percaya diri gw siap menghadapi musuh terberat dalam hidup gw selama ini.

Gw kembali mendapatkan panggilan tes dari perusahaan HON*A, seperti biasa tes2 bisa gw lahap hingga akhirnya, gw bisa lolos ke tahap berikutnya, bayangin dari 817 orang, hanya 20 orang yg lolos termasuk gw.. pada hari senin, tepatnya tgl 19 september 2011, gw kembali di panggil untuk test medical, walaupun gw agak galau tp gw PEDE, krna gw udah ada persiapan untuk tes ini.. singkat cerita, hal yg gw tungu2 itu pun tiba!! setelah cari2 di google akhirnya gw dapat gambar wktu tes gw kemarin, inilah kronologis tes nya



Spoiler for Tes 1:
Pas pengetas membuka gambar pertama, dalam hati gw loh kok beda!! inilah

gambar pertama,
Berhubung mudah Langsung aja gw jawab 12,

Spoiler for Tes 2:
kemudian si pengetes membuka halaman selanjutnya

Gw jawab aja 3

Spoiler for Tes 3:
kemudian pengetes membuka halaman selanjutnya

langsung aja gw jawab 2



Kemudian si pengetes menutup bukunya,, dalam hati gw, dengan penuh percaya diri akhirnya.... lolos juga!!... Namun dia berkata, kamu gagal dek!!!, loh kok bisa? tanya gw!!, lalu dia menerangkan, gini dek, gambar pertama kamu memang betul, krna semua orangpun akan menjawab 12, kecuali orang itu penderita katarak.. tp yg ke dua km slh, hrusnya 8, dan yg ketiga juga salah harusnya 5.. mmmhhh dan akhirnya untuk ke lima kalinya gw gagal lg ...
Dunia ini memang tidak adil, Padahal gw juga gk mau terlahir seperti ini!!, mungkin untuk saat ini dan kedepanya, gw gak tahu harus berbuat apa!..bisa di bilang gw udah menyerah!!..Buta warna memang dapat menggangu aktifitas sehari-hari. Itu faktanya. Tapi kadang gw tidak habis pikir bahwa ‘kekurangan’ ini dibuat menjadi batasan secara berlebihan. Contoh ketika memilih jurusan di perguruan tinggi atau mencari pekerjaan. Beberapa bidang mengharuskan kandidatnya lolos tes buta warna. Seperti CMIIW, elektro dan kimia. Wajar memang, tapi bukankah dengan bantuan rekan, atau alat bantu seperti label nama atau lainnya bisa membantu? Toh buta warna tidak mengurangi kecerdasan dan potensi seseorang..




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10597491
Advertisement
senapan angin
::..gara-gara tes ini gue gagal masuk kerja..:: | Unknown | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik