Duet Makanan Jadi Nutrisi Super

Advertisement
advertisement






Anda mungkin sudah tahu beberapa makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Menurut Joy Bauer, seorang ahli gizi yang juga penulis buka 'Food Cures', beberapa makanan akan memiliki nutrisi super, jika dikonsumsi secara bersamaan.

Ingin tahu apa saja makanan tersebut? Dilansir dari womansday.com, berikut rumus nutrisi super yang bisa Anda ikuti.

1. Kalsium + Inulin = perut sehat, tulang kuat



Jika sering mengalami masalah perut, Anda harus mengonsumsi inulin, sejenis serat yang membantu menyeimbangkan kadar bakteri baik dalam sistem pencernaan. Inulin juga membantu meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang. Dengan mengonsumsinya bersamaan dengan kalsium, bisa membuat sistem pencernaan lebih sehat dan tulang lebih kuat. Anda
bisa membuat campuran yoghurt tawar dengan pisang sebagai camilan 'super'.

Sumber kalsium: Susu, yoghurt, keju, brokoli, ikan salmon, dan kacang almond.
Sumber inulin: Bawang merah, bawang putih, pisang, tepung gandum, asparagus


2. Zat besi + Vitamin C = energi maksimal

Jangan menyerah begitu saja, saat tubuh terasa lemas, padahal pekerjaan masih menumpuk. Bisa jadi itu karena tubuh Anda kekurangan zat besi. Sehingga, asupan oksigen pada otot, otak dan seluruh tubuh tidak maksimal dan menimbulkan rasa lemas. Dalam kondisi seperti ini, segera konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging, ayam, telur, atau sayuran hijau.

Namun, tubuh akan sulit menyerap zat besi dari sumber nabati. Sehingga, 'memasangkannya' dengan vitamin C adalah cara terbaik, karena membuat zat besi jadi lebih mudah diserap.

Selain Anda akan segera memiliki energi, vitamin akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Jadikan sereal gandum ditambah irisan jeruk atau kiwi sebagai sarapan. Menu ini akan membuat Anda lebih berenergi menghadapi hari-hari yang sibuk.

Sumber zat besi nabati: Bayam, tahu, gandum, tepung kacang quinoa, kacang kedelai
Sumber vitamin C: Jeruk, kiwi, jambu biji, strawberry, tomat, paprika, brokoli, kubis, dan kentang

3. Vitamin E + Vitamin C = mata sehat



Ingin memiliki penglihatan yang lebih tajam dan menjaga kesehatan mata? Perbanyak konsumsi vitamin E. Anda juga bisa mengurangi risiko terkena masalah degenerasi makular, pemicu utama kebutaan. Apalagi, jika Anda mengonsumsinya bersamaan dengan makanan yang kaya vitamin C.
Vitamin yang banyak terdapat pada buah kiwi ini mengubah vitamin E dalam
bentuk yang lebih mudah 'digunakan' tubuh. Untuk memadukan kedua vitamin ini, Anda bisa membuat salad menggunakan irisan tomat segar dan taburi dengan irisan kacang almond.

Sumber vitamin E: Almond, selai kacang, biji bunga matahari, dan kacang kedelai
Sumber vitamin C: Kiwi, jambu biji, brokoli, tomat, dan kentang

4. Zinc + Senyawa sulfur = menguatkan sistem imunitas

Kabar gembira untuk pecinta bawang merah dan bawang putih. Keduanya bukan hanya menambah nikmat rasa masakan, tapi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Senyawa sulfur juga membantu meningkatkan penyerapan zinc yang terdapat pada biji-bijian. Menggabungkan keduanya, akan membuat kerja sistem kekebalan tubuh jadi lebih maksimal. Anda

Sumber zinc: Gandum utuh, beras merah, dan kacang lentil
Sumber sulfur: Bawang putih dan bawang merah.





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11960444
Advertisement
senapan angin
Duet Makanan Jadi Nutrisi Super | Unknown | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik