Setiap tahun, jutaan muslim dari seluruh dunia berkumpul Makkah untuk menunaikan rukun Islam kelima, haji. Berjuta-juta orang, berjuta-juta cerita terhampar di Tanah Suci.

Salam dari Tanah Suci
Haji adalah sebuah kewajiban sekali seumur hidup. Jika panggilan ke Tanah Suci baru datang di saat usia sudah senja, maka tak ada yang bisa menghalangi langkah dua orang tua ini untuk memenuhi undangan Khalik-nya.

Salam dari Tanah Suci
"Lionel Messi" pun naik haji. Jamaah sudah boleh berpakaian bebas dan melepas baju ihram-nya setelah melempar jumrah aqabah dan bertahallul pada hari 10 Dzulhijjah.

Salam dari Tanah Suci
Jutaan orang yang tumpah ruah di tempat dan waktu yang sama membuat banyak hal "darurat". Untuk berwudhu, seseorang bisa melakukannya di pinggir jalan, dengan air mineral botol secukupnya.

Salam dari Tanah Suci
"Kecil-kecil sudah haji". Seorang bapak membawa istri dan dua anak laki-lakinya untuk bersama-sama menunaikan rukun Islam yang kelima ini.

Salam dari Tanah Suci
Lautan manusia di kawasan melontar jumrah di Mina. Tahun ini hampir tiga juta orang dari seluruh dunia bertandang memenuhi undangan Allah untuk menunaikan haji.

Salam dari Tanah Suci
Posko resmi Indonesia di Mina, di dekat terowongan Mina. Indonesia adalah negara yang paling banyak mengirim jamaahnya ke Tanah Suci tahun ini, dengan jumlah 221 ribu lebih.

Salam dari Tanah Suci
Bermalam di Muzdalifah adalah salah satu wajib haji. Di tempat ini jamaah mengumpulkan batu untuk melontar jumrah di Mina. Jika lelah, tidurlah. Istirahatlah.

Salam dari Tanah Suci
Selama musim haji, tak ada ruang kosong di bumi Makkah. Orang memenuhi hotel sampai jalan-jalan. Soal urusan perut, itu tak bisa ditinggalkan, sekalipun di atas aspal beralaskan seadanya.

Salam dari Tanah Suci
Inti berhaji adalah wukuf di Arafah, dari waktu dzuhur sampai maghrib. Di saat wukuf atau "berdiam diri" tersebut, setiap jamaah berdzikir, berdoa, merenung, meminta ampun, berdoa, dan melakukan segala jenis ibadah yang bisa dilakukan, memasrahkan diri sebagai hamba yang kecil di hadapan Tuhan.

Salam dari Tanah Suci
Dua anak ikut merasakan thawaf di Ka'bah dari atas pundak bapaknya. Jika wukuf di Arafah adalah inti haji, thawaf adalah "simbol" haji karena ka'bah merupakan kiblat setiap umat Islam. Semua mengarah ke "rumah tuhan" yang dibangun oleh Nabi Ibrahim itu.




sumber :http://foto.detik.com/readfoto/2011/11/10/085202/1764222/157/12/