Tragedi yang menimpa Marco Simonecelli dan pembalap IndyCar Dan Wheldon membuat miris banyak orang. Bagi Felipe Massa, dua peristiwa kelam itu adalah sebuah peringatan bagi dunia motorsport.

Wheldon merenggang nyawa dalam kecelakaan IndyCar di serie Las Vegas, dan hanya berselang dua pekan, Simoncelli tewas dalam sebuah kecelakaan mengerikan di Sirkuit Sepang Malaysia akhir pekan lalu.

Massa yang pernah luput dari kecelakaan maut saat di GP Hungaria, saat terhantam benda keras yang terlepas dari mobil Rubens Barrichello, mengaku shock mendengar kabar duka tersebut.

“Seketika pikiran saya tentang keluarga dan teman Marco Simoncelli dan Dan Wheldon,” ujar Massa yang mengaku mengetahui kecelakaan yang menimpa Simoncelli sesaat setelah dia bangun dari tidur.

“Karena perbedaan waktu antara Brasil dan Malaysia, saya mengetahuinya sesaat setelah bangun tidur di Minggu pagi ketika saya di rumah di Sao Paulo. Ini sulit dipercaya, dan membuat saya shock setelah itu,” terangnya.

“Simoncelli adalah teman yang baik, dan talenta hebat di olahraga balap motor.Kematiannya sangat dekat dengan kematian Dan Wheldon, yang juga merupakan teman saya. Ini waktu yang sulit karena kejadiannya hanya berselang satu pekan.”

Massa sadar bahwa olahraga motorsport sangat berisiko, namun tetap saja mendengar kabar kematian yang terjadi di lintasan sangat mengagetkan. Dan hal itu membuatnya kembali memberikan kesadaran lebih tentang risiko itu.

Tapi Massa enggan mengomentari lebih jauh mengenai peristiwa kecelakaan Simoncelli, karena dia merasa tidak memiliki pengalaman berkompetisi di atas dua roda.Tapi yang jelas Massa berharap pihak-pihak yang terkait lebih memberikan perhatian kepada peningkatan keselamatan pembalap.

“Saya tidak qualified untuk berbicara soal kecelakaan Simoncelli, karena tidak punya pengalaman. Tapi dalam kasus Dan, mudah-mudahan itu menjadi wake-up call untuk Indy cars untuk meningkatkan level keamanan seperti F1 menyikapi kecelakaan di Imola pada 1994 yang menimpa Aryton Senna,” ujarnya.
(fit)