Tentu anda sudah tahu Plugin W3 Total Cache yang super powerful untuk meringankan situs kita untuk loading karena banyak fitur yang dibenamkan di plugin ini. Salah satu fungsi dari W3 Total Cache adalah mengarahkan user agent tertentu ke suatu theme tertentu. Anda bisa menemukan fitur ini di User Agent Group setting. Jika anda melihat user agent yang disediakan secara default oleh w3 adalah user agent untuk mobile browser.

Untuk membuat situs mobile menggunakan W3 ini anda membutuhkan settingan W3 Total Cache seperti di bawah ini. Setting User Agent harus Enable

Selanjutnya anda membutuhkan theme mobile yang nantinya akan digunakan menangani trafik dari user agent mobile. Saya menyarankan untuk menggunakan theme bawaan dari Plugin Mobilepress, download disini. Theme yang dimaksud ada di folder mobilepress system themes . Silakan upload theme Default mobilepress tersebut ke folder wp-themes di Blog anda.

Jika semuanya sudah siap, maka anda kembali ke settingan User Agent Group pada W3 Total Cache. Di bagian Theme pada Group name High, pilih theme Mobilepress. Jika sudah, anda tinggal tekan Save Changes.

Maka sekarang jika anda membuka blog anda menggunakan user agent yang terdaftar di User Agent Group maka akan diarahkan ke theme mobilepress. Diagramnya seperti berikut :

Untuk tambahan, di theme mobilepress pada file header.php anda harus menambahkan kode <?php wp_head(); ?> agar informasi dari plugin yang anda pakai seperti Platinum SEO Pack tetap ada di theme mobile.

Lalu apa keuntungan dari teknik ini?
  1. Anda tidak perlu menambahkan plugin mobile blog lainnya yang dapat menambah beban server
  2. Tidak menyebabkan duplicate content, karena url yang diakses tetap sama hanya berbeda theme saja.
  3. Anda memberikan kemudahan bagi pengunjung yang menggunakan mobile browser yang berakibat loyalitas bertambah
  4. Ranking situs anda di Google Search Mobile akan naik, karena di Google Search Mobile situs yang memiliki layanan mobile akan diranking pada posisi atas.
  5. Anda juga bisa mengkonversi trafik dari mobile browser menggunakan mobile advertising seperti Admob, buzzcity dan mobgold.
Saya tahu tutorial ini masih jauh dari sempurna, tapi saya sudah berusaha memberikan step by step berdasarkan pengalaman saya sendiri :)

Semoga bermanfaat.

Sumber : http://incridiblog.com/2010/11/09/cara-membuat-situs-mobile-menggunakan-plugin-w3-total-cache/