Rocky Mountain National Park adalah sebuah taman nasional yang terletak di wilayah utara-tengah negara bagian Colorado. Ini menampilkan pemandangan gunung megah, berbagai satwa liar, iklim bervariasi dan lingkungan-dari hutan berhutan ke tundra gunung dan akses mudah ke jalan back-negara dan perkemahan. Taman ini terletak di barat laut Boulder, Colorado, di Rockies, dan termasuk Continental Divide dan hulu Sungai Colorado.

http://www.privatemotorhomeusa.com/images/rocky_mountain_national_park1.JPG

Taman ini memiliki lima pusat pengunjung. Markas taman, Beaver Meadows Pengunjung Center, adalah sebagai National Historic Landmark, dirancang oleh Frank Lloyd Wright School Arsitektur di Taliesin Barat.

Taman dapat diakses oleh tiga jalan: US Highway 34, 36, dan Negara Highway 7. Highway 7 memasuki taman untuk kurang dari satu mil, di mana menyediakan akses ke Lily Pengunjung Danau Center. Lebih ke selatan, taji dari rute 7 menyebabkan berkemah dan kepala jejak sekitar rindu Peak dan Wild Basin. Highway 36 memasuki taman di sebelah timur, di mana ia berakhir setelah beberapa mil di Highway 34. Highway 34, dikenal sebagai Trail Ridge Road melalui taman, berjalan dari kota Estes Park di timur ke Grand Lake di barat daya. Jalan mencapai ketinggian 12.183 kaki (3.713 m), dan ditutup oleh salju di musim dingin.




The California Zephyr melayani Granby (dekat pintu masuk barat taman) dengan rel dari Denver, melintasi Continental Divide melalui Moffat Tunnel baik selatan taman. Website taman nasional menunjukkan Granby sebagai ujung rel yang tepat bagi pengunjung, meskipun terletak enam belas mil baik dari taman tanpa sambungan transportasi umum.
Quote:
Taman ini dikelilingi oleh Roosevelt National Forest di utara dan timur, Routt National Forest di barat laut, dan Arapaho National Forest di barat daya.

Rocky Mountain National Park mencakup sekitar 265.770 hektar (1.076 km2) dari tanah di utara Colorado Front Range. Taman dibagi oleh Continental Divide, yang memberikan bagian timur dan barat taman karakter yang berbeda. Sisi timur taman cenderung kering, dengan puncak sangat glaciated dan cirques. Sisi barat taman basah dan lebih subur, dengan hutan dalam mendominasi.

Quote:
Taman ini berisi 359 mil (578 km) dari jalan, 150 danau, dan 450 mil (720 km) dari sungai. Taman ini berisi lebih dari 60 puncak bernama lebih tinggi dari 12.000 kaki (3.700 m), dan lebih dari seperempat dari taman berada di atas garis pohon. Titik tertinggi taman Longs Peak, yang naik ke 14.259 kaki (4.346 m; survei sebelum tahun 2002 menunjukkan 14.255 kaki (4.345 m)) di atas permukaan laut. Longs Peak adalah puncak hanya empat belas ribu kaki di taman.

Beberapa gletser kecil dan salju permanen yang ditemukan di cirques gunung tinggi, termasuk Andrews Glacier, Glacier Sprague, Tyndall Glacier, Glacier Taylor, Rowe Glacier, Glacier Mills, dan Moomaw Glacier.

Ekosistem
peningkatan terendah di taman ini adalah hutan pegunungan dan padang rumput. Pinus ponderosa, yang lebih menyukai daerah kering, mendominasi, meskipun pada douglas ketinggian pohon cemara ditemukan. Di atas 9.000 kaki (2.700 m) hutan pegunungan memberikan jalan ke hutan subalpine. Engelmann Spruce dan Subalpine Fir pohon yang umum di zona ini. Hutan ini cenderung memiliki kelembaban lebih dari pegunungan dan cenderung padat. Di atas pohon garis, sekitar 11.500 kaki (3.500 m), pohon hilang dan alpine tundra luas mengambil alih. Karena angin keras dan cuaca, tanaman di tundra pendek dengan musim berkembang sangat terbatas. Streaming telah menciptakan lahan basah di tepi sungai yang rimbun di taman.

Iklim

Juli dan Agustus adalah bulan-bulan terpanas di taman, di mana suhu bisa mencapai 80-an meskipun tidak jarang turun ke bawah titik beku pada malam hari. Badai sering muncul di sore hari, dan pengunjung harus berencana tinggal di bawah garis pohon ketika mereka terjadi. Salju musim dingin berat mulai sekitar pertengahan Oktober, dan terakhir hingga Mei. Sedangkan salju bisa mencair dari ketinggian terendah taman, salju tebal ditemukan di atas 9.000 kaki (2.700 m) di musim dingin, menyebabkan penutupan Trail Ridge dan Fall jalan sungai selama musim dingin dan musim semi. Sebagian besar jalan berada di bawah salju kali ini , dan snowshoeing dan ski menjadi populer. Musim semi cenderung basah, bergantian antara hujan dan salju mungkin berat. Salju ini dapat terjadi hingga akhir Juli. Sisi barat taman biasanya menerima curah hujan lebih dari sisi timur kering.

Daerah Populer

Taman ini didominasi oleh Longs Peak, yang terlihat dari titik pandang yang banyak, dan memiliki ketinggian 14.259 kaki (4.346 m). Setiap tahun ribuan orang berusaha untuk skala itu. Rute termudah adalah Route Keyhole, dilalui untuk pejalan kaki reguler di semua tetapi bulan-bulan musim panas terpanas karena salju dan es. Kenaikan ini delapan mil (13 km) satu arah memiliki keuntungan ketinggian 4.850 kaki (1.480 m). Wajah timur yang luas, termasuk daerah yang dikenal sebagai The Diamond, adalah rumah bagi banyak rute klasik rock climbing dinding yang besar.

Tidak semua meninggalkan Longs Peak hidup dan aman. Ada gazebo batu pada periode pembentukan Keyhole dengan plak memorializing Agnes Vaille, seorang pendaki terkenal di tahun 1920. Pada bulan Januari 1925, Vaille jatuh 100 ft (30 m) sedangkan menuruni North Face. Vaille selamat dari jatuh dengan luka ringan, tetapi tidak dapat berjalan. Pasangannya mendaki, gunung profesional panduan Walter Kiener, pergi untuk membantu; tetapi ketika tim penolong tiba, Vaille meninggal karena kelelahan dan hipotermia.


Bear Lake, di jantung taman, merupakan tujuan populer dan trailhead. Danau terletak di bawah Hallett Peak dan Continental Divide. Beberapa jalan mulai dari danau, mulai dari berjalan-jalan mudah untuk kenaikan berat. Bear Lake Road sepanjang tahun terbuka, meskipun mungkin akan menutup sementara akibat cuaca buruk.


Trail Ridge Road menghubungkan kota Estes Park di timur dengan Grand Danau di barat. Jalan mencapai ketinggian 12.183 kaki (3.713 m), dengan membentang panjang di atas garis pohon. Ini melewati Pengunjung Alpine 'Center, sebuah tujuan populer, dan melintasi Continental Divide di Milner Pass. Banyak jalan interpretif pendek dan pullouts sepanjang jalan berfungsi untuk mendidik para pengunjung di geografi, sejarah, dan ekologi taman.


Daerah selatan taman Wild Basin, wilayah liar dan terpencil. Beberapa jalan lintas daerah dan backpacking itu populer.


Kisaran Mummy adalah pegunungan pendek di utara taman. Para mumi cenderung lembut dan lebih hutan dari puncak lain di taman, meskipun beberapa lereng yang terjal dan sangat glaciated, khususnya di sekitar Ypsilon Mountain dan Mummy Mountain.


Jangan pernah diselimuti salju Pegunungan Summer ditemukan di sisi barat taman. Di sini berarah selatan-Continental Divide mengambil tajam singkat utara loop, yang membuat skenario reverse menarik, dimana Cekungan Pasifik adalah di sisi timur membagi dan Basin Atlantik di sebelah barat. Gunung-gunung itu sendiri, hasil dari aktivitas gunung berapi, yang terjal dan, lebih sering daripada tidak, tertutup salju yang mendalam. Daerah ini melihat tambang yang paling luas di taman, dan jalan tambang timah tua masa lalu dan kota-kota hantu.


Taman surga tersembunyi di puncak di atas Grand Lake. Daerah ini terjal dan liar tidak memiliki jalan tembus itu.






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8189322