Panduan Memanen Jangkrik Yang Benar serta Menguntungkan
Panduan Memanen Jangkrik Yang Benar serta Menguntungkan
Panduan Memanen Jangkrik Yang Benar serta Menguntungkan

Beternak jangkrik mempunyai sebagian keuntungan, terkecuali gampang serta banyak diperlukan di orang-orang, keuntungan lain beternak jangkrik yaitu mempunyai tiga saat panen yaitu panen jangkrik dewasa, panen jangkrik muda serta panen telur jangkrik.

Tetapi, sebagai peternak kita tak bisa asal-asalan memanen jangkrik. Walau memanen jangkrik termasuk gampang, bila tak hati-hati serta tanpa ada perhitungan yang jeli dapat menyebabkan kerugian terlebih akibat salah saat panen ataupun kekeliruan perlakuan sesudah panen.

Oleh karenanya, supaya kwalitas hasil panen tetaplah terbangun, janganlah lupa untuk memerhatikan 3 panduan memanen jangkrik di bawah ini.

3 Panduan Memanen Jangkrik

Saat yang pas untuk memanen jangkrik

Peternak jangkrik dapat memanen jangkrik dalam tiga kurun saat yaitu panen jangkrik dewasa, jangkrik masihlah muda serta panen telur jangkrik.

Dari ketiga periode itu, panen periode telur adalah saat panen yang paling untungkan lantaran terkecuali harga nya tambah lebih mahal dari pada jangkrik dewasa, waktunya juga relatif singkat, cost pemeliharaannya juga lebih murah.

Panen jangkrik dewasa juga untungkan dari sisi harga tetapi mengonsumsi saat yang lebih lama. Sedang jangkrik pradewasa lebih disenangi lantaran ukurannya sesuai sama jadikan pakan burung.

Panen jangkrik dewasa umumnya dikerjakan saat jangkrik berusia 50 hingga 60 hari. Sedang panen jangkrik muda atau pradewasa dikerjakan ketika jangkrik berusia 40 sampai 50 hari. Jangkrik yang telah berusia kian lebih 40 hari serta dapat di jual umumnya mempunyai bentuk sayap yang baru berkembang.

Sedang telur jangkrik dapat dipanen tiap-tiap dua hari sekali sepanjang masa bertelur sampai jangkrik betina dewasa mati.

Langkah memanen jangkrik yang benar

Kwalitas jangkrik dapat alami penurunan ketika pemanenan akibat langkah panen yang salah. Untuk jangkrik dewasa ataupun jangkrik pradewasa, langkah pemanenannya nyaris sama. Jangkrik dipanen lewat cara di tangkap segera lalu dimasukkan kedalam kandang yang sudah disiapkan serta digolongkan sesuai sama ukuran badannya.

Jangkrik dapat juga dimasukkan kedalam karung yang sudah di beri kertas sisa tempat telur ayam untuk lalu di jual. Masukan jangkrik ke dlam karung sembari dihitung jumlahnya supaya lebih menyingkat saat.

Disamping itu, telur jangkrik dipanen lewat cara mengambil pasir yang terdapat banyak telur jangkrik sedikit untuk sedikit untuk disaring. Penyaringan dikerjakan sembari disiram air dengan maksud melarutkan pasir berbarengan air hingga tersisa telur jangkrik yang tersangkut diatas saringan.

Lalu tumpahkan telur jangkrik yang tersangkut di saringan ke atas kain putih basah. Pakai kuas kecil untuk mengambil masihlah telur yang masihlah melekat di saringan. Bungkus setiap satu sendok teh telur dengan kain putih basah untuk melindungi kelembapannya serta menyerap air yang tersisa.

Peletakan jangkrik yang sudah dipanen

Panduan memanen jangkrik yang paling akhir yaitu memerhatikan peletakan jangkrik yang sudah dipanen. Untuk peletakan hasil panen jangkrik dewasa ataupun pradewasa, Anda dapat memakai kotak kayu memiliki ukuran 60 x 60 cm. Sedang hasil panen telur jangkrik dapat ditempatkan di media tanah atau pasir yang ditempatkan diatas kain basah.

Jangkrik dewasa ataupun pradewasa dapat di jual sebagai pakan burung, ikan atau reptil. Sedang telur jangkrik dapat di jual kembali pada peternak yang lain. Tentukan telur yang baik dengan tanda-tanda berwarna kuning mengkilat, tak berjamur serta tak berbau busuk.

Tiga panduan memanen jangkrik itu diatas mesti Anda cermati terkecuali lakukan pemeliharaan yang intensif serta penentuan bibit yang baik supaya hasil panenan dapat lebih maksimal serta tak alami penurunan mutunya.

Anda mencari bibit jangkrik yang bermutu? Hubungi kami

SMS/Telpon : 085646415014
Whatsapp : 085646415014
BBM : 5A279C09
http://www.budidayajangkrik.com

Harga Rp 200. 000/kg. Kami melayani pembelian ke semua Indonesia.