Body kit terdiri dari bemper (Bumper) depan dan belakang, bagian samping (Side Skirt), area fender dan juga belakang atas (spoiler / ducktail). Jika pihak pabrikan seperti Mugen ataupun AMG, dalam membuat bodykit pasti telah membuat desain yang dapat memaksimalkan fungsi aerodinamis body, jadi tiap bagian dari body kit memiliki fungsi masing-masing, namun bukan berarti yang custom tidak memiliki kualitas desain yang aerodinamis, karena jika bengkel modifikasinya professional, pastinya akan membuat desain yang presisi dan mampu mengejar fungsi aerodinamika.

Untuk bagian body kit yang berada dibagian bawah, seperti bumper dan side skirt, sebenarnya dibuat untuk lebih mendekatkan jarak bodi ketanah guna memperkecil masuknya angin dari bawah sehingga pada kecepatan tinggi dapat mengurangi daya limbung / melayang, namun penggunaannya saat ini lebih kepada segi fashion modifikasi saja, terutama buat body kit custom yang desainnya tidak memperhitungkan segi aerodinamika.
car spoiler style wings

car spoiler style wings
Selanjutnya adalah body kit bernama spoiler yang umumnya dibuat untuk diletakkan di bagian buritan / belakang seperti bagasi atau untuk mobil tanpa bagasi dibagian belakang atas kaca belakang. Bentuk spoiler itu menyerupai wing, hanya saja spoiler itu cenderung berbentuk lebih landai dan kecil dan umumnya langsung menempel pada body. Fungsi spoiler sebenarnya didesain untuk lebih membantu fungsi body kit bagian bawah, yaitu untuk mengurangi gejala melayang saat mobil melaju (Fungsi Aerodinamika). Saat ini aplikasi spoiler bisa dipergunakan pada setiap kendaraan non bagasi maupun bagasi, baik itu untuk kendaraan kontes ataupun kendaraan harian karena mampu membuat penampilan mobil standar tampak lebih sporty look.