PSHT persaudaraan setia hati terate

Advertisement
advertisement
pendekar sh terate
PSHT persaudaraan setia hati terate adalah sebuah organisasi beladiri asli indonesia. PSHT didirikan oleh ki hajar harjo utomo yang merupakan murid dari ki ngabehi surodiwiryo. Sekarang mari kita tengok satu persatu dari kedua tokoh diatas. ki ngabehi surodiwiryo semasa kecilnya bernama mas mohammad masdan lahir pada tahun 1869. beliau belajar pencak silat mulai tahun 1884 ketika beliau belajar ngaji di pondok pesantren di jombang jawa timur, kemudian karena minatnya yang sangat besar terhadap pencat silat beliau mengembara/merantau mulai tahun 1885 hingga 1902 untuk mendapatkan dan mengasah ilmu pencak silat. Beliau berguru di daerah bandung pada tahun 1885 dan mendapatkan beberapa ilmu silat diantaranya silat cimande, cikalong, cibaduyut, cipetir, cimalaya, ciampea, dan sumedang.

Tahun 1886 beliau pindah ke betawi dan menambah ilmu pencak silah seperti permainan betawen, kwintang, monyetan dan permainan toya. tahun 1887 pindah lagi ke bengkulu dan 6 bulan kemudian pindah lagi ke padang bekerja di kantor kontrolir. cerita sejarah ki ngabehi surodiwiryo di lanjutkan di post berikut nya karena akan terlalu panjang jika saya jadika satu semuanya..
Ki ngabehi surodiwiryo
Sekarang kita lanjutkan tentang ki  hajar harjo utomo pendiri persaudaraan setia hati terate. beliau lahir di madiun tahun 1890. pada tahun 1917 beliau mulai belajar nyantrik , belajar pencak silat dan akhirnya menjadi murid kinasih ki ngabehi surodiwiryo hingga mencapai warga tingkat III. tahun 1922 atas persetujuan gurunya beliau mengembangkan ilmu setia hati terate dengan mendirikan perguruan pencak silat SH Pencak Sport Club di desa pilangbangau madiun. karena adanya kata pencak maka dibubarkan oleh belanda kemudian untuk mengelabuhi belanda maka diganti dengan nama SH pemuda sport club. murid pertama beliau adalah idris, mujini dan jayapana.


Untuk Foto ki hajar harjo utomo saya belum punya koleksinya. Jika teman-teman warga psht punya koleksinya tolong bagikan kesaya. hehehe..


Pada tahun 1925 karena keberanian mengadakan perlawanan kepada penjajah belanda, beliau di tahan di penjara madiun. namun di penjara ada gelagat akan mengadakan pemberontakan, beliau dipindahkan ke penjara cipinang jakarta dan dipindah lagi di penjara padang panjang sumatra. tahun 1931 beliau kembali dari pembuangan dan menetap di dea pilangbangau madiun untuk untuk meneruskan memberikan pelajaran pencak silat SH pemuda sport club kepada murid muridnya. Tahun 1942 atas usul murid beliau yang bernama suratno surengpati (anggota perkumpulan indonesia muda), beliau mengubah nama sh pemuda sport club menjadi setia hati terate. pada tahun ini setia hati terate masih bersifat perguruan. tahun 1948 atas prakarsa sutomo makujoyo, darsono dan saudara seperguruan lainnya, diadakan konferensi di pilangbangau dimana hasilnya adalah mengubah nama setia hati terate (sh terate) yang bersifat perguruan menjadi organisasi pencak silat yang bernama persaudaraan setia hati terate. Begitulah sedikit cerita tentang sejarah persaudaraan setia hati terate. Lain kali disambung lagi dengan pembahasan tema yang sama yaitu tentang setia hati terate
Advertisement
advertisement
PSHT persaudaraan setia hati terate | Budi Utomo | 5

0 comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik