Pilot nazi yang bertempur Siang dan Malam tanpa henti



Oberstleutnant Hans-Joachim Jabs (1917-2003), Pilot Tempur Siang dan Malam

Hans-Joachim Jabs (Bacanya Yabs bukan Jabs!) dilahirkan di Lübeck tanggal 14 November 1917, dan bergabung dengan Luftwaffe tahun 1937. Pada awalnya dia dilatih sebagai pilot pesawat tempur Messerschmitt Bf 109, tapi kemudian malah "dilemparkan" ke Zerstörergeschwader 76 (ZG 76) "Grup Hiu" untuk menerbangkan pesawat bermesin ganda Messerschmitt Bf 110 bulan Maret 1940.
Spoiler for fight:
Messerschmitt Bf 110C yang diterbangkan oleh Oberleutnant Hans-Joachim Jabs di medan perang Prancis musim panas tahun 1940


sebuah fakta yang menarik: Bf 110 bukanlah sebuah pesawat tempur "khusus" seperti Bf 109 yang kecil dan akrobatis, juga performanya jelas lebih lambat dibandingkan pesawat tempur Inggris semacam Spitfire atau Hurricane. Dia biasa ditugaskan untuk mengawal bomber-bomber Jerman, dan biasanya akan kewalahan menghadapi pesawat-pesawat musuh.

tetapi fakta berkata lain
Spoiler for hans jabs:
Hans-Joachim Jabs adalah pengecualiannya. Dalam Battle of Britain, dimana pihak Jerman mengalami banyak kehilangan pilot berpengalaman dan pesawat, Jabs malah makin moncer dengan kembali menambah jumlah kemenangannya dengan 12 lagi! Delapan Spitfire dan empat Hurricane menjadi mangsanya, dan pada akhir tahun 1940 Jabs mencatatkan namanya sebagai pilot Zestörer (penghancur) paling top dengan 16 kemenangan! Atas prestasinya dalam Pertempuran Britania, Jabs dianugerahi Ritterkreuz bulan Oktober 1940. Hanya sedikit yang bisa sepertinya, dan menembak jatuh begitu banyak pesawat Spitfire dan Hurricane musuh yang lebih superior di udara dengan menggunakan pesawat "berat" semacam Bf 110 dianggap sebagai pencapaian terbesar seorang pilot tempur sejati!

Spoiler for penampakan pesawat milik jabs:
Bagian penampang senapan mesin dari Messerschmitt Bf 110G NJG1 (G9+AA) WNr140655 milik Hans-Joachim Jabs



------------------------------------------------
Messerschmitt Bf 110G NJG1 (G9+AA) WNr140655 milik Hans-Joachim Jabs







Spoiler for wooow menarik :
Salah satu aksi Hans-Joachim Jabs yang paling dikenang adalah saat ia seorang diri menghadapi enam buah Spitfire milik RAF Inggris. Hebatnya, ia berhasil menembak jatuh tiga di antaranya dan keluar hidup-hidup dari pertempuran tersebut! Foto atas adalah momen yang spesial, dimana Jabs (kiri) menemui salah seorang pilot Inggris yang menjadi korbannya, J.J. Caulton, dan berbincang-bincang dengan santainya mengenai pertempuran yang baru saja terjadi! Tampak disini kepala Caulton diperban, mungkin terluka saat ia mendarat darurat di pangkalan udara yang dikuasai Jerman. Setelah perang kedua orang mantan seteru ini malah menjadi teman baik!

Spoiler for berbincang-bincang:
kayak tom and jerry gan, udah berantem trus damai


Spoiler for DKK:
Hans-Joachim Jabs (tengah) bersama anak buahnya. Salah satunya adalah jago tempur malam paling top sepanjang sejarah, Heinz-Wolfgang Schnaufer (kiri)kalo mau tau wolfgang





pemberian penghargaan kepada jagoan luftwaffe




Adolf Hitler bertemu secara pribadi bersama para jagoan Luftwaffe tak lama setelah acara penganugerahan medali di Berghof, dimana Jabs termasuk salah seorang peraihnya. dan memperlihatkan, dari kiri ke kanan: Oberst Werner Streib, Major Gerhard Barkhorn, Generalmajor Erich Walther, Oberstleutnant Kurt Bühligen, Oberstleutnant Hans-Joachim Jabs, Oberstleutnant Bernhard Jope, Major Reinhard Seiler, Major Erich Hartmann ( tertutup badan Hitler), Major Horst Ademeit, Major Johannes Wiese, Wachtmeister Fritz Petersen, Major Dr. Maximilian Otte dan Hauptmann Walter Krupinski. Pangkat yang saya sebutkan di depan nama masing-masing bukanlah pangkat pada saat foto ini diambil, melainkan pangkat terakhir mereka!


Hans-Joachim Jabs sebagai Oberstleutnant dengan medali Eichenlaub dan Nahkampfspange der Luftwaffe di dada. Kalau yang belum tahu, Nahkampfspange itu adalah medali untuk pilot yang sudah melakukan duel di udara (atau "dog fight", atau bertempur di angkasa)

Hans-Joachim Jabs sebagai Major dengan medali Eichenlaub, difoto di Belanda tanggal 7 Agustus 1944


-------------------------------------------------

-------------------------------------------------


Tambahan:

Tampaknya memang Jabs mempunyai indera keenam dalam pertempuran. Dia menggunakan sebaik-baiknya kemampuan terbang tinggi dan menukik Bf 110 yang dipilotinya, selalu menghindari "adu cepat" dengan lawannya yang lebih baik. Dia tidak pernah memaksakan bertempur kalau memang dirasanya lawan tak dapat ditundukkannya. Sebisa mungkin dia akan menjaga jarak yang aman dengan lawannya sebelum dirasa tiba waktunya untuk memuntahkan rentetan tembakan yang menghancurkan (yang merupakan salah satu kelebihan Bf 110). So, dia adalah pilot yang efisien, sabar dan... tentunya, JAGO!

Total kemenangan udaranya adalah 50 yang diraih dalam 710 misi tempur. 22 dibukukannya di siang hari, dan 28 di malam hari (semuanya diraih dengan menggunakan Bf 110). Ini membuktikan bahwa dia adalah pilot yang jempolan dalam bertempur di kedua medan yang sangat berbeda tersebut (siang hari mengandalkan mata, malam hari lebih mengandalkan radar)!

Medali dan penghargaan:
* Ehrenpokal der Luftwaffe (23 Maret 1943)
* German Cross in Gold (31 Agustus 1943)
* Iron Cross (1939) kelas pertama dan kedua
* Knight's Cross of the Iron Cross with Oak Leaves
Knight's Cross tanggal 1 Oktober 1940 sebagai Oberleutnant dan pilot di 2./ZG 76
Oak Leaves #430 tanggal 24 Maret 1944 sebagai Hauptmann dan Gruppenkommandeur dari IV./NJG 1






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10862321