Masa Depan Si Kecil Ditentukan Oleh Masa Emasnya

Advertisement
advertisement
Saat berumur 6 bulan, Si Kecil semakin cepat belajar hal-hal baru. Masa ini disebut sebagai masa emas. DI otaknya, pembungkus serabut saraf yang Mielin dan asmbungan antar syaraf yang bernama Sinaps benrkembang sangat pesat, dengan bantuan nutrisi yang baik dan stimulasi.



Lihatlah, saat ia sudah dapat duduk dan merangkak, pengelihatannya sudah bertambah tajam dan pendengarannya bertambah baik. Ia selalu berusaha mengeksplorasi lingkungan dengan bergerak ke sana ke mari, bermain interaktif dengan kita, bahkan cara makan pun digunakannya untuk mengeksplorasi kemampuan melihat berbagai benda, memegang, mengenal tekstur, dan rasa makanan.

Apa yang dibutuhkan agar SI Kecil sapat bereksplorasi?
Untuk mendukung Si Kecil bereksplorasi di masa emasnya, ada 2 hal penting yang dibutuhkannya, yaitu Stimulasi tepat dan nutrisi tepat. Keduanya harus selalu diberikan seimbang (balanced).

Stimulasi yang tepat mencakup 3 aspek penting di masa emasnya, yaitu melihat (motorik halus), bergerak (motorik halus), mendengar / berbicara (perkembangan bahasa).



Melihat: warna-warni yang beragam di sekitar Si Kecil dapat merangsang perkembangan optimal indera pengelihatan (motorik halus) bayi.
Bergerak: Si Kecil memerlukan ruang yang cukup untuk dapat melatih gerakan kai dan tangannya (motorik kasar), misalnya merangkak, meraih benda di dekatnya.
Mendengar/ berbicara: melalui rangsangan bunyi, indera pendengaran Si Kecil berkembang maksimal, demikian pula kemampuannya menirukan bunyi.

Si Kecil yang tidak mendapat stimulasi akan mengalami penurunan kecerdasan, penurunan kemampuan bergerak, bahkan menjadi anak hiperaktif di kemudian hari.

Nutrisi yang tepat mengandung:

Energi ekstra agar tubuhnya kuat berekplorasi. Bayi usia 6 bulan + membutuhkan energi lebih besar dibandingakn usia sebelumnya.
Protein tinggi agar otaknya dapat menyerap stimulasi dengan optimal.

Usia 0 - 6 bulan

Energi 520 - 570 kalori
Protein 9,1 gram

Usia 7 - 12 bulan

Energi 676 - 743 kalori
Protein 13,5 gram






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11980199
Advertisement
senapan angin
Masa Depan Si Kecil Ditentukan Oleh Masa Emasnya | Budi Utomo | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik