Kualitas Perangkat Sekring, Pilih Yang Gak Mudah Terbakar

Advertisement
advertisement




Rumah sekring bagus, nggak boleh terbakar

Sebelumnya, dibahas tips ganti rumah sekring asli dengan part aftermarket. Pemilik motor mesti peka ketika memilih yang layak dipakai. Apalagi komponen pengaman ini sangat rawan terbakar jika terjadi arus pendek atau korslet.

“Paling utama rumah sekring. Sebab selain sebagai wadahnya, juga buat dudukan dan terminal penghubung arus. Jika kualitas tidak bagus, saat terjadi korslet biasanya rumah sekring mudah terbakar,” papar Cuncun, pemilik toko 5758 yang biasa jual variasi mobil dan motor.

Padahal yang kualitasnya bagus, menurut Cuncun, rumah sekring mestinya tidak boleh terbakar meskipun terjadi korslet. Paling parah, untuk produk berkualitas bagus, hanya meleleh meskipun kena panas tinggi.



“Untuk membuktikan kualitasnya, biasaya melakukan tes bakar pakai korek. Kalau meleleh dan ada api, artinya kualitas rumah sekring tidak bagus. Tapi, kalau tidak timbulkan api, dipastikan kualitas nya sangat bagus,” lanjut pria yang buka toko di Jl. Pos Pengomben No. 14, Jakarta Barat.

Cucun juga mengingatkan kalau harga rumah sekring yang bagus di atas Rp 10 ribu. Biasanya sudah termasuk fitting dan kabel besar dengan jumlah kawatnya banyak. Sedangkan untuk yang biasa, harganya di bawah Rp 10 ribuan dan memiliki kabel dengan jumlah kawat sedikit.

Kalau sudah dapat rumahnya yang bagus, sekarang tingal beli sekring. Syaratnya tentu saja bukan cuma ukuran ampere yang mau dipakai, tapi gimana juga dengan kualitasnya. Sebab, jangan sampai komponen yang dipilih mestinya mengamakan malah bikin susah penggunanya.

Biasakan pilih sekring yang lebih berkualitas jika tidak ingin motor sampeyan bermasalah. Utamanya sih soal lempengan pengaman juga kualitas material pelindungnya.



Sekring bagus enggak mudah putus waktu dicopot

“Yang kurang bagus umumnya susah dicopot dan sering rusak pada waktu mau dicabut. Selain itu kaki sekring gampang putus pada waktu dipasang atau dicopot, juga kurang sensitive bila terjadi korslet. Akibatnya rumah sekring justru yang meleleh,” ingat bapak 2 anak ini.
Lanjut

Katanya harga sekring kurang bagus biasanya di bawah Rp 1.000 per buah. Padahal sekring lumayan bagus dan banyak dipakai harganya kisaran Rp 2.000.

“Ada sih sekring yang mahal. Bahannya dari keramik biar tahan panas dan anti bakar. Harganya sekitar Rp 15 ribuan, cuma jarang toko yang jual karena terlalu mahal,” wanti Cuncun.

Paling penting lagi, sekring mahal kakinya lebih tebal. Sehingga seret dan keras masuk ke rumahnya. (motorplus-online.com)




sumber :http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/12/26/326520/208/27/Kualitas-Perangkat-Sekring-Pilih-Yang-Gak-Mudah-Terbakar
Advertisement
advertisement
Kualitas Perangkat Sekring, Pilih Yang Gak Mudah Terbakar | Budi Utomo | 5

0 comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik