Foo Fighters telah dijuluki sebagai hardest rocking band di dunia setelah konser mereka baru-baru ini di Selandia Baru menyebabkan gempa vulkanik yang dapat dirasakan sejauh satu mil (1,6 km).

Para ilmuwan dari jaringan GeoNet mencatat bahwa tanah bergoncang saat pertunjukan mereka di stadion Western Springs, Selandia Baru pada Selasa (13/12/2011) malam.

Foo Fighters concert

Setidaknya 50 ribu penggemar menyaksikan Dave Grohl dan band-nya dalam konser selama tiga jam, dan tidak sadar bahwa mereka menyebabkan gempa vulkanik.

Getaran pertama tercatat sekitar pukul 19:30, melalui serangkaian dukungan dari band Tenacious D, yang didukung oleh aktor Jack Black. Namun, getaran terbesar datang setelah Foo Fighters turun ke panggung pada sekitar pukul 20:20.

Menurut Auckland GeoNet blog, getaran dari pertunjukan tersebut memancarkan sinyal ‘rendah yang kuat. Dimana tanah bergetar tiga kali per detik.

Foo Fighters volcanic tremorFoo Fighters volcanic tremors


Menurut Mail Online, Rekaman itu diambil pada dua stasiun pemantauan yang terletak 1,5 km dan 2km dari tempat konser dilangsungkan.

“Penyebab getaran itu kemungkinan besar akibat tarian dari 50.000 penggemar, yang sama dengan sekitar 5.000 ton massa yang bergerak di tanah.” tulis para ilmuwan.






sumber :http://www.berita.manadotoday.com/konser-foo-fighters-di-selandia-baru-sebabkan-gempa-vulkanik/12625.html