Berkunjung ke Benteng Daulatabad

Advertisement
advertisement

ane mau cerita mengenai sebuah benteng di India. namanya Benteng Daulatabad yang terletak di Deccan, Aurangabad, India. deket Mumbai gan.
benteng ini sempat menjadi kota pertahanan dan ibukota yang dulu sempat di Delhi tahun 1329. oleh Muhammad Tughluq pemimpin kekaisaran Tughlug saat itu.



ini benteng dibangun oleh Raja Rashtrakuta (susah nyari potonya ^^) yang juga membuat goa kalias yang terkenal. benteng Daulatabad ga diketahui tahun pembangunnnya dan sejarah paling dekat adalah waktu didudukinya benteng ini oleh dinasti Yadav tahun 1187-1318. kemudian di tahun 1294 diserang oleh Alauddin Khilji dengan kekuatan 40 gajah dan ribuan kuda (bayangin deh gan gmn klo di buat film.. LOTR? lewat!!). diserang oleh Malik khafur jenderalnya alauddin khiji tahun 1307 sebelum akhirnya direbut oleh Qutubuddin Mubarak Khiji (anak dari alauddin khiji) tahun 1318. ini merupakan titik balik sejarah karena benteng tersebut direbut dari dinasti yadav atau dinasti hidu terakhir di India dan mulai dimasuki Islam dan pusat penyebaran agama islam di india.
Spoiler for alauddin khiji:


Spoiler for mubarak khiji:

yang membuat benteng ini menjadi perebutan kekuasaan maupun pusat pemerintahan dikarenakan letaknya yang strategis dan begitu unik. jadi ini benteng dibangun atas gabungan benteng darat dan tebing, sehingga sangat mustahil untuk ditanjak dulu kala. dan susunan benteng yang khas membaut begitu sulit untuk dimasuki. meskipun gambarnya tidak lengkap namun akan coba ane jabarkan konsep dari benteng unik ini.
benteng dikelilingi oleh tiga lapis dinding (benteng) yang bernama kots. kots terluar bernama Amberkot yang mengcover kota tua Daulatabad dan jalan raya 211 yang menghubungkan Aurangabad dengan Ellora yang ditutupi oleh Amberkot. yang kedua adalah Mahakot yang menjadi penghubung antara benteng dengan kota, mahakot dikelilingi oleh parit yang luas (ada buayanya? entahlah ^^) dan gerbang masuknya ada delapan lapis. yang terakhir adalah Kalakot dimana kita harus menyeberangi parit panjang menuju gunung berbentuk piramida, dilanjutkan berjalan zigzag, dan berakhir dengan menapaki 400 langkah dalam gelap (kira2 100 meter) sebelum tiba di benteng utama.
seingga banyak orang bilang jatuhnya benteng ini hanya disebabkan adanya pengkhianatan atau serbuan ratusan gajah.
Spoiler for gambar-gambar:
Spoiler for denah:

Spoiler for Amberkot:
[img]pintu masuk amberkot



Spoiler for mahakot:
gerbang pertama mahakot gan


ini paritnya gan.. ada buaya nya loh.!!! dulu ^^



Spoiler for Kalakot:
ini pintu masuk kalakot gan.cekibrot!


nah ini gerbang terakhir kalakot menuju ke benteng utama


Spoiler for benteng dan sekitarnya:
pintu masuk ke benteng utama.


ini jalan gelap yang jaraknya 400 langkah gan



di sana ada terasnya gan



ini masjid jami dibangun tahun 1318 yang dulu namanya kuil bharat mata



ini dia puncak Benteng!! namanya Bala Hishar



pemandangan dari atas gan



ini meriam gan



pemandangan dari jauh




rupanya pemerintah india menangkap peluang bisnis dari adanya peninggalanbersejarah ini. dan segera dimasukkan ke dalam rute wisata The Indian Maharaja - Deccan Odyssey - Mumbai to Delhi. jadi isinya jalan2 naik kereta dan carteran menuju tempat2 wisata yang mantap. di website resminya sekali perjalanan PP dibandrol dengan harga 40 juta rupiah. minat ??
hehehehe
ini rute perjalannanya gan :






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7462358
Advertisement
senapan angin
Berkunjung ke Benteng Daulatabad | Budi Utomo | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik