Berat Badan Dipengaruhi oleh Kepribadian

Advertisement
advertisement
http://3.bp.blogspot.com/-UuAyejB6tYU/TWJaXKCl_UI/AAAAAAAACm0/SWwOGB72sD8/s400/menurunkan+berat+badan.jpg

Jika diamati dengan seksama, tidak semua orang mengalami obesitas, seperti halnya tidak semua orang memiliki kepribadian yang sama. Studi terbaru dari National Institutes of Health di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sifat-sifat kepribadian ternyata sangat membantu dalam menentukan berat badan seseorang.

http://www.duniafitnes.com/wp-content/uploads/2010/11/Rahasia-Keberhasilan-Interval-Training-untuk-menurunkan-berat-badan-Besar-2.jpg

Menurut penelitian, penyebab utama obesitas adalah pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup menetap. Kebiasaan ini dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, artritis, berpengaruh secara psikologis dan secara signifikan memperpendek usia.

Para peneliti memperkirakan bahwa kepribadian nampaknya dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Ternyata, asumsi mereka sepertinya benar, karena berat badan bisa jadi cerminan gaya hidup.

http://us.images.detik.com/content/2011/09/26/900/BSMakanKonsentrasiCVR.jpg

Temuan yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan individu yang memiliki kepribadian impulsif cenderung mengalami kelebihan berat badan dan obesitas.

Orang impulsif adalah suatu kepribadian yang mana seseorang cenderung menuruti kata hatinya dengan seketika, tanpa mempertimbangkan akibatnya lebih jauh. Sebaliknya, individu yang memiliki tingkat kewaspadaan tinggi cenderung lebih kurus dan memiliki berat badan normal.

http://www.mbase.com.au/Portals/11/images/solutions/our_people.jpg

Namun penelitian ini menegaskan berat badan tidak mempengaruhi kepribadian. Hal terpenting adalah tingkat disiplin diri untuk mempertahankan kebiasaan pola makan sehat dan olahraga, karena orang yang lebih manja cenderung mudah menyerah pada godaan.

"Ciri-ciri kepribadian dasar cenderung tetap dan bertahan terhadap perubahan, namun ekspresi sifat-sifat ini dapat menyesuaikan. Artinya, penanganan tertentu dapat membantu memodifikasi adaptasi karakteristik yang mempengaruhi berat badan," kata peneliti, Angelina Sutin, seperti dilansir HuffingtonPost, Kamis (22/12/2011).
http://5.mshcdn.com/wp-content/uploads/2011/04/people-texting.jpg

Sebagai contoh, individu yang sangat impulsif dan rendah ketelitiannya dapat belajar untuk merencanakan menu dan jadwal makan secara teratur, dan dibujuk untuk mempertimbangkan bahwa program penurunan berat badan adalah cara yang sehat.

http://residual-income-opportunities.net/wp-content/uploads/2010/04/people1.jpg





sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/12/22/180205/1797926/766/berat-badan-dipengaruhi-oleh-kepribadian
Advertisement
senapan angin
Berat Badan Dipengaruhi oleh Kepribadian | Budi Utomo | 5

0 comments:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik