PROSES PEMBUATAN kelereng ...

Advertisement
advertisement
setelah melalui proses pencarian yang lama, ternyata ngga semudah itu nemu artikel yang naroh foto proses pembuatan kelereng.
jadi ane liat prosesnya, trus cari satu-satu gambarnya demi agan-agan yang penasaran soal pembuatan kelereng

LATAR BELAKANG
Kelereng adalah benda kecil dan bundar yang terbuat dari kaca yang biasanya digunakan sebagai mainan anak-anak.
Kelereng pada umumnya berdiameter kurang dari 1 inch dan didesain dengan warna-warna yang unik dan menarik. Permainan ini dipercaya sudah ada sejak jaman dulu di mana para moyang kita memainkan permainan dengan bentuk bundar dan kemudian berkembang menjadi kelereng, billiard, pinball, dan bowling. Kelereng juga biasa dilelehkan untuk automatic body.

BAHAN BAKU
Kelereng terbuat dari pasir, kapur soda, silika, dan berbagai bahan lainnya yang digunakan untuk pigmen dan desain. Selain itu, ada juga kelereng yang terbuat dari cullet dan scrap glass.

Spoiler for pasir:

Spoiler for Kapur Soda~Penyerap CO2:

Spoiler for Silika~Pemberi Warna:

Spoiler for Cullet:

Spoiler for Scrap Glass:
PROSES PEMBUATAN
Ini dia gambarnya gan.
Susah nyari yang real human.

1. Pelelehan
Pasir, kapur soda, dan cullet dimasukkan ke dalam sebuah tank besar dan dipanaskan hingga mencapai suhu 1260 derajat celcius atau 2300 derajat fahrenheit. ini bisa memakan waktu selama 28 jam

2. Proses Injeksi
Kemudian lelehan tadi dikeluarkan dan dipindahkan ke sebuah tank yang di dalamnya terdapat lubang untuk menyuntikkan lelehan ini. Warna kelereng tergantung pada bahan yang digunakan. Kelereng hijau dari besi oksida, kelereng biru dari kobalt, dan kelereng ungu berasal dari mangan. Kecepatan dan kekuatan dalam proses injeksi akan sangat menentukan bentuk akhir dari kelereng.
Spoiler for Besi Oksida:

Spoiler for Kobalt:

Spoiler for Mangan:


3. Pendinginan & Pemotongan
Pada proses ini, lelehan tadi dikeluarkan dalam bentuk gumpalan kaca. Gumpalan itu 'berjalan' di bawah sebuah lempengan metal yang akan memotongnya menjadi bagian yang sama. Selanjutnya, potongan-potongan ini akan disortir dengan menggunakan tangan.






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3356214
Advertisement
advertisement
PROSES PEMBUATAN kelereng ... | Budi Utomo | 5

0 comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik