Jalan Hemat ke Kuala Lumpur

Advertisement
advertisement
Tempat Wisata di Kuala Lumpur (Malaysia)

Jika Anda sedang bepergian ke Kuala Lumpur ada beberapa tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi.


Menara Petronas




Menara Petronas KLMenara kembar ini berada pada urutan kedua tertinggi di dunia. Menara ini terdapat di Kuala Lumpur City Center. Kita boleh naik sampai ke jembatan penghubung di antara dua gedung ini yaitu di lantai 42. Namun untuk itu kita harus memiliki tiket yang diberikan gratis, namun kita harus antre. Dan harus benar-benar dari pagi. Saya datang jam 7.30, ternyata antriannya sudah meliuk-liuk panjang sekali. Loket ini terletak di basement. Saya mendapatkan informasi bahwa mereka mengeluarkan tiket untuk 1600 orang per hari. Satu orang dapat mengantri tiket untuk maksimal 5 orang. Setelah mendapat tiket maka akan diketahui jam berapa kita boleh naik, dan kita bisa jalan-jalan dulu, lalu 15 menit sebelumnya siap-siap menunggu di lokasi. Jangan sampai terlambat, karena kalau terlambat, maka tiket tersebut akan hangus. Di samping counter tiket, ada ruang museum kecil yang memperlihatkan bagaimana penggunaan teknologi tinggi untuk dapat membangun gedung pencakar langit tersebut. Karena harus dapat mengantisipasi gempa, petir, api, perubahan cuaca, dan lain sebagainya. Hati-hati : Hari Senin TUTUP..


Suria KLCC




Di dalam menara ini terdapat Suria KLCC, mall yang besar dan menjual barang – barang ternama. Seiring dengan kampanye “Visit Malaysia 2007″, Malaysia juga gencar mengkampanyekan Malaysia Mega Sale Carnival di pertengahan tahun 2007 ini. Namun dari hasil survey sederhana saya membandingkan beberapa barang, yaitu handycam, handphone dan beberapa peralatan elektronik lainnya ternyata di Indonesia jauh lebih murah. Jadi buat apa belanja jauh-jauh apalagi akan sukar kalau ada complaint. Untuk produk fashion pun, yang saya dapati sale/discount rata-rata 20-30% ada juga yang 50%. Wah rasanya sih di Indonesia kalau untuk sale 50% sih masih sering kita temui. Jadi mari kita fokuskan pada jalan-jalan saja.. Tapi untuk makanan, harganya tidak terlalu jauh dengan Indonesia, bahkan beberapa makanan di food courtnya lebih murah dari mal di Indonesia.


Petrosains & Petrosains Speed




Terletak di lantai 4 di mal Suria KLCC, petrosains adalah tempat dimana kita dapat mempelajari sains dengan menarik. Banyak alat-alat yang dapat kita coba untuk mempraktekkan sains secara langsung. Kalau di Indonesia kurang lebih seperti museum iptek di Taman Mini. Namun ini jauh lebih modern dan lengkap, kira-kita setara dengan Singapore Science Center di Singapura. Ada 2 pilihan yaitu Petrosains dan Petrosains Speed. Petrosains speed lebih kecil dibandingkan petrosains. Untuk bermain di petrosains membutuhkan waktu sekitar 4 jam, namun karena waktu itu saya tidak memiliki waktu yang cukup maka saya hanya mengunjungi petrosains speed. Harga tiket masuk untuk petrosains speed adalah RM 5 untuk dewasa dan RM 3 untuk anak-anak. Sedangkan untuk petrosains adalah RM 12 untuk dewasa dan RM 4 untuk anak-anak. Anak-anak, terutama yang laki-laki pasti suka dengan permainan di dalamnya.


Sabtu, Minggu dan hari Libur: 9.30 – 18.30

Selasa, Rabu dan Kamis: 9.30 – 17.30
Jumat: 13.30 – 17.30
Senin: TUTUP

Eye on malaysia




Eye on MalaysiaIni adalah kincir raksasa yang terletak di samping danau Titiwangsa. Dari dalam kapsul yang ada sebanyak 42 buah itu kita dapat melihat pemandangan kota Kuala Lumpur dari ketinggian. Harga tiketnya RM 15 untuk dewasa dan RM 8 untuk anak-anak. Kita berputar selama kurang lebih 5 kali putaran. Sebenarnya pada malam hari ada pertunjukkan laser, namun berhubung saya datang siang hari maka saya tidak dapat menyaksikannya. Namun menurut saya, eye on malaysia ini sih biasa-biasa saja, tidak terlalu istimewa, entah kalau di malam hari.


Genting




Tempat ini terletak di atas bukit, cukup jauh dari Kuala Lumpur, sekitar 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan bus. Tersedia bus dari beberapa terminal di Kuala Lumpur, yaitu Puduraya, KL Sentral, Terminal Putra, Pasarakyat. Di loket tersebut juga ada paket untuk bermain ke genting selama 1 hari, termasuk tiket pulang pergi, dan permainan di sana (ada yg indoor dan outdoor). Tapi saran saya lebih baik bermalam disana, karena selain harga kamarnya murah, hotelnya bagus, pemandangannya pun indah, sejuk sekali. Dan cobalah booking lewat internet (
www.genting.com.my), karena Anda bisa mendapatkan paket khusus dengan harga murah.

Untuk mencapai Genting, kita perlu menggunakan cable car (kereta gantung) kecuali kita menggunakan taksi / mobil pribadi. Dalam satu cable car cukup menampung sekitar 6-8 orang, jika sedang tidak ramai kita dapat memilih cable car untuk keluarga kita saja, sehingga lebih nyaman. Cable car ini dijalankan secara otomatis, untuk pertama kali mungkin agak menegangkan tapi tidak perlu khawatir, karena cable car ini diperiksa secara rutin sehingga keselamatan kita terjamin. Secara jarak dan pemandangan cable car di Genting lebih jauh dan lebih indah dibandingkan cable car yang menuju Pulau Sentosa di Singapura. Untuk detail informasi tentang Genting dapat dibaca disini


Petaling (Chinatown)




Saya sempat terkejut, waktu mau membeli oleh-oleh dengan nuansa Malaysia, karena ternyata harganya lebih mahal dari di Singapura. Saya mencari di KL Central dan Sungai Wang. Setelah mendapat informasi saya mencoba mencari di Petaling Street, tidak jauh dari KL Central. Di sini banyak penjual barang2 di kaki lima, kira-kira seperti di Pasar Baru Jakarta. Namun Anda harus membandingkan harga dari beberapa penjual terlebih dahulu. Karena mereka pada umumnya memasang harga yang tinggi terlebih dulu. Jangan langsung tergiur, cobalah bandingkan ke beberapa tempat. Jangan ragu untuk menawarnya. Saya sempat mendapati 1 penjual yang memberikan harga reasonable tanpa menawarkan harga selangit terlebih dahulu. Letaknya di dekat perempatan, samping penjual buah (he..he.. susah yah membayangkannya). Pokoknya tawar habis deh disini.




Oh iya, tambahan dr gw pribadi:


Penginapan

Untuk penginapan, banyak hostel-hostel atau guesthouse murah di sekitar Bukit Bintang. Di sini juga salah satu tourism area di KL. Gampang dijangkau, dekat dengan stasiun monorel Bukit Bintang. Udah gt Bukit Bintang ini jg ada bbrp mall loh, emang pusatnya buat jalan2 deh, ga bosen pokoknya. Untuk guesthouse yg gw rekomen, yaitu Combo Guesthouse. Gw pernah nginep di sini dan tempatnya itu bersih bgt, kamar mandi luar tp modern gt. Penjaga guesthouse nya juga ramah-ramah, pas temen gw sendalnya ilang, dia dipinjemin sendal loh buat jalan2 hehe. Dan lucunya, ini rate kamarnya bisa ditawar hehe. Gw dulu ditawarin utk kamar deluxe (1 queen bed + 1 single bed) ratenya 100RM per malem, terus ditawar jd 80RM per malem hehe. Klo yg kamar lebih kecilnya (2 single bed) rate nya 50RM per malem. Di sini jg ada warnetnya, jd klo mau online gampang deh. Udah gt dia jg menyediakan storage room gratisan, jd waktu itu ceritanya gw ma temen gw ke S'pore tp kita males nenteng tas yg gede bgt dan males bayar kamar buat naruh tas doank, jd mereka nawarin storage room buat kita pakai. Baik kan?


Oh iya, alamatnya di Jl. Changkat Bukit Bintang. Tel / Fax 03-2144 2144

Ini ngga jauh dr stasiun monorel Bukit Bintang. Dan deket sama pusat jajanan pecinan Alor. Makan di Jl. Alor ini jg mangstab loh... Tp buat yg muslim, tanyain dulu, mana yg ngga pakai babi hehe.

Pesawat
Untuk tiket pesawat, bs manfaatin tiket promonya Air Asia. Gw taon lalu dpt 1,4 jt PP dan include fee, tax, bla bla bla. Itu jg karena gw lambat reserve nya, klo cepet malah dpt yg 600rb an PP. Gila ya, berdasarkan pengalaman gw min. sebulan sebelumnya siy klo mau reserve tiket Air Asia ini, biar dpt yg murah.

Smg bs jd referensi buat juragan smua. Met jalan2 ya...







sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2656393
Advertisement
advertisement
Jalan Hemat ke Kuala Lumpur | Budi Utomo | 5

0 comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Yang Baik